13 Cara Memasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung dan Trik Menatanya

Reporter : Aditia
Senin, 6 Februari 2023 16:16
13 Cara Memasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung dan Trik Menatanya
Langkah dan detailnya begini!

Karpet lantai, khususnya berbahan dasar plastik jadi pilihan homers yang ingin membuat interior khususnya lantai jadi lebih rapi. Cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung jadi tutorial yang paling banyak dicari mengingat karpet memang kerap menggelembung saat dipasang. Hal ini sangat mengganggu karena dapat membuat tampilannya jadi tidak rapi.

Cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung ini sebenarnya cukup mudah. Selain itu, karpet khususnya yang berbahan plastik memiliki kelebihan di antaranya harganya murah namun kualitasnya tidak murahan.

Nah, berikut ini cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung beserta tips memasang yang tepat. 

1 dari 17 halaman

Keunggulan Karpet untuk Lantai

Sebelum mencari cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung. Ada baiknya kamu juga harus tahu apa saja kelebihan memilih karpet untuk lantaimu.

2 dari 17 halaman

1. Lebih rapi

Salah satu keunggulan menggunakan karpet adalah membuat tampilan rumah jadi lebih rapi, khususnya bagian ruang tamu.

Tak perlu lagi menggelar tikar atau menggulung ambal tiap kali tamu datang dan pergi. Karpet jadi cara praktis untuk membuat ruanganmu jadi lebih nyaman dan praktis.

3 dari 17 halaman

2. Tahan Lama

Karpet juga tahan lama dibanding tikar. Karpet memiliki tekstur yang rata sehingga tidak mudah rusak atau pun sobek.

4 dari 17 halaman

3. Mudah Dibersihkan

Karena permukaannya yang datar dan rata, karpet memiliki keunggulan yaitu mudah dibersihkan.

Bahkan, kamu tak perlu menggulung dan membentangkan ulang karpet untuk membersihkan lantai. Kamu bisa sekalian membersihkan dan menyapu karpet dengan sapu ijuk.

Jika kamu pengguna karpet plastik, karpet plastik juga bisa sekalian dibersihkan menggunakan kain pel.

5 dari 17 halaman

Cara Memasang Karpet Lantai Agar Tidak Menggelembung

Tujuan cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung adalah supanya tertata lebih rapi dan rata, tidak melengkung, terlipat, atau pun bergelombang.

Untuk itu, kamu perlu tips cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung dan tahapan yang perlu kamu perhatikan dan lakukan berikut ini.

6 dari 17 halaman

Langkah Memasang Karpet

Agar hasil pemasangan maksimal dan mencegah terjadinya penggelembungan pada area karpet. Yuk ikuti langkah cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung berikut ini.

7 dari 17 halaman

1. Kosongkan Ruangan Terlebih Dahulu

Cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung yang pertama adalah dengan memaksimalkan pemasangan yaitu mengosongkan ruangan.

Hal ini agar saat pemasangan tidak terganggu oleh furniture maupun perabotan. Juga, agar mudah melakukan pengukuran jika kamu ingin memasang karpet jenis plastik.

8 dari 17 halaman

2. Ukur Luas Ruangan

Apabila kamu ingin memasang karpet untuk seluruh lantai di ruanganmu. cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung yang utama adalah mengukur ukuran lantai di ruangan tersebut.

Ini akan mencegah terjadinya ketidakrataan dan menghindari karpet yang menggelembung karena tidak sesuai dengan ukuran lantai.

9 dari 17 halaman

3. Membersihkan Lantai Sebelum Pemasangan

Cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung yang ketiga adalah memastikan ruangan atau lantai bersih terlebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan karpet.

Pastikan juga, tidak ada lubang atau lantai yang rusak sebelum menggunakan karpet. Karena gelembung pada karpet biasanya juga disebabkan oleh permukaan lantai yang tidak rata.

10 dari 17 halaman

4. Pasang Karpet

Setelah memastikan semua telah bersih dan diukur dengan baik. Lanjutkan pasang karpet pada lantai.

Bentangkan dengan rata dan lurus dari ujung ke sudut ruangan. oleskan lem pada permukaan lantai setelah posisinya dirasa pas.

Diamkan beberapa menit, jangan diinjak, karena akan menimbulkan perangkap udara yang dapat membuatnya bergelembung.

11 dari 17 halaman

5. Rapikan Karpet

Terakhir, cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung adalah dengan merapikannya. Potonglah ujur karpet yang dirasa terlalu kepanjangan untuk membuatnya lebih tertata.

Bagian karpet yang kepanjangan dan tidak dipotong dapat menyebabkan karpet jadi melengkung, terlipat, hingga bergelembung.

 

12 dari 17 halaman

Tips Ampuh Cara Memasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung

Jika langkah pemasangan karpet di atas tadi masih menimbulkan gelembung di karpet kamu, cobalah langkah berikut ini.

13 dari 17 halaman

6. Kurangi Lipatan

Biasanya, saat membeli karpet, karpet dijual dalam satuan meter lalu digulung. Tentunya ini membuat permukaan karpet jadi melengkung dan tidak rata.

Nah, cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung, gulunglah ke arah sebaliknya agar karpet menjadi rata sebelum dipasang ke lantai.

14 dari 17 halaman

7. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Langkah menggulung ke arah sebaliknya sedikit sulit jika karpet yang kamu beli merupakan jenis karpet yang kaku. Caranya, jemurlah karpet di bawah sinar matahari hingga memuai dengan sendirinya.

Karpet yang terkena panas cahaya matahari akan lentur dan kembali menjadi rata. cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung ampuh dan mudah.

15 dari 17 halaman

8. Pakai Underlayer

Salah satu penyebab gelembung adalah adanya permukaan yang tidak rata. Bisa dari lantai dan kondisi rumah kamu.

Untuk mengatasi penyebab yang satu ini. Cobalah gunakan underlayer karpet yang bisa kamu beli di toko bangunan dan perabotan rumah.

Penggunaan underlayer karpet ini akan menghasilkan permukaan yang rata, menutup rongga dan ketidak rataan pada permukaan lantai.

Underlayer karpet juga berguna untuk cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung dan membuat tampilan karpet lebih lengket, kuat, dan tidak mudah bergeser.

16 dari 17 halaman

9. Lem Suntik

Sama seperti penjelasan sebelumnya, ubin yang tidak rata dapat menyebabkan permukaan karpet jadi tidak rata. Ini akan sulit diatasi jika karpet sudah terlanjur dipasang.

Namun, kamu tetap bisa menggunakan alat lem suntik untuk cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung dan membuat tampilan karpet jadi lebih rata.

Caranya, cukup suntikkan lem pada bagian tengah tonjolan atau gelembung. Rapikan atau tekan hingga ke bagian tepi dinding. Cabut suntikan lalu tekan karpet lagi dari tengah ke sisi untuk membuatnya rata dan rapi.

17 dari 17 halaman

10. Pastikan Tidak Ada Rongga Udara

Salah satu penyebab adanya gelembung adalah rongga udara yang terperangkap di tengah-tengah karpet. Saat pemasangan cobalah untuk merapikan karpet dari tengah hingga ke tepi dengan menekannya lalu menutup bagian ujung karpet dengan lem serapat mungkin agar tidak ada angin atau udara yang masuk hingga ke tengah karpet.

Nah, itu lah tadi 10 cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung yang mudah banget untuk diikuti. Tetap perhatikan setiap detail pemasangan untuk hasil yang maksimal.

 

 

Beri Komentar