Lirik Shalawat Tibbil Qulub beserta Artinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 28 September 2020 16:50
Lirik Shalawat Tibbil Qulub beserta Artinya
Shalawat Tibbil Qulub memiliki keutamaan sebagai penjaga kesehatan tubuh.

Lafal Shalawat memiliki banyak bentuk dan juga macamnya. Dan setiapnya shalawat memiliki faedah tertentu. Salah satunya yakni sering dibaca oleh masyarakat yaitu shalawat Tibbil Qulub.

Shalawat Tibbil Qulub memiliki makna 'obat/penyembuh hati'. Dan shalawat ini sempat diinstruksikan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bagi seluruh pengurusnya di wilayah, cabang, lembaga, badan otonomo dan pesantren di seluruh Indonesia sebagai ungkapan duka dan sikap mendekatkan diri kepada Allah terkait dengan wabah covid-19.

1 dari 1 halaman

Lafal shalwat Tibbil Qulub secara lengkap beserta artinya:

Bacaan shalawat Tibbil Qulub © Diadona

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya:

“ Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Keutamaan Shalawat Tibbol Qulub ini secara umum tercantum dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47 yakni bisa untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin.

Dan bagi mereka yang membaca shalawat ini dalam bilagan berapapun, niscaya akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta disembuhkan dari berbagai penyakit atas izin Allah.

Beri Komentar