7 Cara Memotong Brokoli Hijau, Jangan Asal Buang Batangnya Ya!

Reporter : Arifina
Rabu, 6 Desember 2023 20:03
7 Cara Memotong Brokoli Hijau, Jangan Asal Buang Batangnya Ya!
Begini cara memotong brokoli hijau agar tidak banyak bagiannya yang terbuang.

Cara memotong brokoli hijau sebenarnya sangatlah mudah.  Namun, nanyak orang yang sampai saat ini masih salah ketika memotong brokoli bahkan menjadikan sayuran satu ini justru banyak yang terbuang sia-sia.

Brokoli hijau merupakan sayuran yang masih dalam satu keluarga dengan kubis. Brokoli menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat lantaran dapat diiolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan nikmat.

Sebut saja aneka tumis sayur brokoli, syur sop brokoli, brokoli goreng, brokoli rebus dan masih banyak lainnya. Selain memiliki rasa yang lezat, brokoli juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi.

1 dari 9 halaman

Resep Sarapan Rendah Kalori - Brokoli Rebus © Diadona

Dilansir dari halodoc.com, brokoli merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, serat, magnesium, fosfor, seng, dan zat besi.

Sebelum diolah menjadi makanan yang lezat, brokoli perlu dipotong-potong dan dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di permukaannya.

Untuk mengolah brokoli hijau agar tidak banyak bagiannya yang terbuang sia-sia, perhatikan cara memotong brokoli berikut. Yuk simak!

2 dari 9 halaman

Pilih Brokoli yang Segar

Sebelum mulai memasak, pastikan untuk memilih brokoli yang segar dan berkualitas. Kesegaran sayuran yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir masakan.

Untuk memilih brokoli segar, bisa dilihat dari ciri fisiknya. Dilansir dari thekitchn.com, ciri-ciri brokoli yang segar adalah berwarna hijau merata tanpa ada bintik-bintik coklat atau kekuningan.

Brokoli yang masih segar juga memiliki rasa yang lebih lezat dan tajam. Seiring berjalannya waktu, brokoli bisa mengalami penurunan kandungan nutrisi. Brokoli yang masih segar juga memiliki kualitas, rasa, dan kandungan nutrisi yang tetap terjaga.

3 dari 9 halaman

Potong Bagian Kuntum Brokoli

Cara Memotong Brokoli Hijau © Diadona

Langkah pertama yang harus dilakukan saat memotong brokoli adalah memisahkan bagian kuntum bunga dari batangnya. Letakkan brokoli dalam posisi tidur di atas talenan, lalu potong bagian kuntumnya tepat di pangkal kepala brokoli menempel hingga terlepas dari batangnya.

Potongan ini akan membuat brokoli terlihat lebih gemuk. Namun, jika ingin brokoli terlihat lebih indah, potong brokoli agak sedikit ke bagian tengah batang agar terlihat lebih panjang. Gunakan pisau dapur yang tajam karena bagian batang brokoli agak sedikit keras untuk dipotong.

4 dari 9 halaman

Pisahkan Bagian Bunga Brokoli

Setelah kuntum brokoli dipisahkan dari batangnya, saatnya untuk memotong bagian bunganya menjadi lebih kecil. Posisikan brokoli terbalik, kemudian potong bagian bunga dari pangkalnya.

Untuk memotong bunga brokoli menjadi lebih kecil lagi, terdapat berbagai cara. Yang pertama, dengan ditarik menggunakan tangan secara manual. Yang kedua, dengan menggunakan pisau.

Posisikan brokoli terbalik, kemudian belah dari bagian batangnya secara perlahan. Apabila brokoli dipotong menggunakan pisau, sebaiknya potonglah dari bagian batangnya. Hal ini dikarenakan jika brokoli dipotong dari bagian atasnya, maka hasilnya bunga brokoli akan hancur.

5 dari 9 halaman

Potong Sisi Keras pada Batang Brokoli

Banyak yang mengira bagian batang brokoli tidak dapat dimakan. Namun sebenarnya, bagian ini dapat dimakan jika cara memotongnya benar. Batang brokoli jika dimasak memiliki rasa yang ringan dan segar, mirip dengan kepala brokoli.

Selain itu, teksturnya juga renyah dan padat, sehingga jika dimasak bersamaan dengan bunga brokoli akan menghasilkan rasa yang seimbang. Cara memotong batang brokoli sangatlah mudah. Potong sisi-sisi keras yang terletak pada bagian luar batang brokoli.

Kemudian kupas bagian hijau batangnya hingga terlihat warna putih. Batang putih inilah yang bisa diolah kembali dan dimakan.

6 dari 9 halaman

Perhatikan Pemotongan Batang Putih Brokoli

Cara Memotong Brokoli Hijau © Diadona

Sesudah dipotong dan dikupas, potong juga batang putih brokoli sesuai dengan selera dan kebutuhan. Batang brokoli bisa dipotong memanjang seperti korek api, dipotong kecil-kecil, ataupun dipotong bulat seperti koin.

Setelah itu, batang brokoli bisa diolah dengan cara ditumis, digoreng crispy, dimasak sup, direbus, dan dijadikan tambahan dalam hidangan. Untuk memasak batang brokoli biasanya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan bunga brokoli.

Hal ini karena tekstur batang brokoli yang lebih tebal dan keras. Sebaiknya potong batang brokoli menjadi kecil-kecil saja, agar waktu untuk memasaknya tidak terlalu lama.

7 dari 9 halaman

Cuci Bersih Brokoli

Sebelum dimasak, brokoli perlu dicuci terlebih dahulu. Cuci bersih brokoli sebanyak dua kali, yakni menggunakan air biasa, kemudian dengan air garam.

Pencucian dengan ari garam ini perlu dilakukan dengan cara merendam brokoli selama 5 menit. Setelah itu, bilas brokoli dengan air mengalir sambil digosok-gosok secara perlahan.

Perendaman dengan air garam bertujuan untuk menghilangkan bakteri, mikroorganisme, dan kotoran yang mungkin ada pada brokoli. Gunakan garam sekitar cukup 1 sendok makan saja, jangan terlalu banyak agar tidak mempengaruhi rasa asli dari brokoli.

8 dari 9 halaman

Simpan dalam Kulkas

Setelah brokoli dipotong dan dicuci bersih, apabila tidak ingin langsung diolah, bisa disimpan terlebih dahulu dalam kulkas. Keringkan dulu brokoli yang sudah dicuci, kemudian masukkan dalam wadah yang kedap udara.

Tambahkan tisu dapur dalam wadah penyimpanan untuk membantu menjaga kesegaran dan menghindari kelembaban yang berlebihan. Selanjutnya, masukkan brokoli yang sudah disimpan di wadah ke dalam kulkas.

Biasanya brokoli ini akan bertahan 3-5 hari jika disimpan dalam kulkas. Namun sebaiknya, segera gunakan brokoli yang sudah dipotong agar kesegarannya tetap terjaga.

Bagaimana? Mudah banget kan! Itulah tadi cara memotong brokoli hijau dengan baik dan benar. Kalian bisa mempraktekkan cara ini di rumah ketika hendak membuat masakan dengan bahan brokoli hijau. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar