6 Alasan Pentingnya Jendela Rumah, Buat Hunian Jadi Makin Nyaman dan Sejuk

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 18 Desember 2023 09:04
6 Alasan Pentingnya Jendela Rumah, Buat Hunian Jadi Makin Nyaman dan Sejuk
Pentingnya jendela rumah bakal bikin ruangan sejuk dan bebas bau!

Pentingnya jendela rumah tidak hanya sekadar pelengkap tampilan rumah saja, melainkan lebih dari itu, loh! Akhir-akhir ini cuaca terasa panas tidak hanya dirasakan di luar rumah saja, tetapi juga di dalam rumah. Alih-alih menggunakan AC atau kipas angin, dengan membuka jendela pun menjadi pilihan yang baik, Diazens. Angin sepoi-sepoi yang masuk ke dalam rumah dapat memberikan kesejukan. 

Selain itu, jendela yang terbuka dapat memberikan kesegaran udara yang masuk ke dalam ruangan. Ruangan menjadi bebas dari bau yang dapat mengganggu dan membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman. Jendela di rumah juga biasanya dilengkapi dengan berbagai ornamen tambahan seperti teralis besi atau hordeng untuk keamanan serta memberikan privasi. 

Jadi, keberadaan jendela ini menjadi salah satu komponen penting pada rumah. Dilansir dari berbagai sumber, terdapat banyak sekali manfaat jendela yang penting bagi kesehatan dan kenyamanan kamu. Penasaran apa aja? Simak penjelasan berikut:

1 dari 6 halaman

Mengurangi Bau Ruangan

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Banyak kegiatan atau benda-benda di  dalam ruang yang terkadang menimbulkan bau seperti memasak makanan, cucian kotor hingga tempat sampah ruang. Tentu sering kali kita merasa tidak nyaman bukan dengan bau-bau tersebut? 

Pentingnya jendela rumah yakni dapat membantu sirkulasi udara dan memungkinkan udara kotor atau bau yang terperangkap untuk keluar dari ruangan. Dengan hal ini, kamu dapat menjaga kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih segar dan bersih.

2 dari 6 halaman

Pencahayaan Alami

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Pentingnya jendela rumah dalam menyajikan kualitas udara yang baik di dalam rumah dan juga memberikan pencahayaan alami bagi ruangan kamu. Dengan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, kamu dapat lebih menghemat penggunaan listrik untuk lampu di siang hari. 

Tentunya tidak hanya itu, cahaya matahari ini juga dapat memberikan efek positif bagi penderita seasonal affective disorder, yakni depresi yang dipicu oleh cuaca, loh! Hal ini bisa memperbaiki mood dan dapat meningkatkan produktivitas kamu sebagai penghuni rumah.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Kelembapan

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Ruangan yang tertutup cenderung memiliki sirkulasi udara yang buruk dan dapat menyebabkan peningkatan kelembapan dan bau pengap pada ruangan. Kondisi tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam ruangan dan membuat suasana ruangan menjadi kurang sehat. 

Dalam hal ini, pentingnya jendela rumah dapat memungkinkan cahaya matahari masuk dan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam ruang. Selain itu, ruangan terasa lebih segar dan bebas pengap.

4 dari 6 halaman

Menghadirkan Fengshui Baik

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Nyatanya tidak hanya baik untuk kesehatan, pentingnya jendela rumah juga dapat menghadirkan energi positif di dalam ruang, loh!  Untuk menghadirkan fengshui yang baik di dalam rumah tidak hanya pada penataan furnitur secara optimal, melainkan juga penempatan jendela rumah. 

Dengan memiliki jendela, dapat meningkatkan aliran chi dan menciptakan suasana ruang yang harmonis dalam ruangan. Kamu dapat membuka jendela selama 10 menit untuk memperbarui aliran chi di ruangan.

5 dari 6 halaman

Meminimalisir Sakit

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Seperti yang kita ketahui bahwa kualitas udara yang baik sangat bagus dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Pentingnya jendela rumah dapat mengurangi penyebaran atau pertumbuhan jamur, bakteri atau virus di dalam rumah. 

Membuka jendela dapat membantu mengalirkan udara segar dari luar ke dalam ruangan dan memungkinkan udara yang tercemar, kotor, atau terkondisi untuk keluar. Udara segar biasanya mengandung oksigen yang tinggi dan baik untuk kesehatan sehingga dapat meminimalisir sakit.

6 dari 6 halaman

Sebagai Dekorasi Rumah

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Untuk membuat ruangan tampak menarik, tidak hanya diisi dengan furnitur atau pajangan saja, nih! Selain memberikan manfaat bagi sirkulasi udara dan pencahayaan, pentingnya jendela rumah juga dapat menjadi elemen dekoratif untuk ruangan kamu. 

Terdapat banyak model dari jendela rumah yang dapat kamu aplikasikan, salah satunya bentuk jendela bulat ini. Bentuknya yang tidak umum menjadikannya tampak eye-catching di ruangan kamu. Selain itu, kamu dapat menambahkan beberapa dekorasi lain seperti teralis atau tanaman hias di sekitarnya untuk mempercantik tampilan. 

Itu tadi beberapa alasan pentingnya jendela rumah yang wajib kamu ketahui. Pastinya kamu jadi tahu dan tidak mengabaikan pentingnya keberadaan jendela rumah, nih!

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar