Cara Mengecat Tembok Kamar yang Benar dan Bisa Bertahan Lama Meski Tanpa Bantuan Tukang

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 25 Agustus 2020 09:30
Cara Mengecat Tembok Kamar yang Benar dan Bisa Bertahan Lama Meski Tanpa Bantuan Tukang
Inilah cara mengecat tembok yang benar agar bisa bertahan lama.

Bosan dengan suasana kamar yang 'gitu-gitu' aja? Mungkin kamu harus melakukan dekorasi ulang pada ruangan rumah supaya suasana rumah terlihat lebih segar dan ceria. Yaps, salah satunya ialah dengan cara mengecat tembok rumah.

Sayangnya, mengecat rumah tidaklah murah. Pasalnya, selain biaya cat yang cukup mahal, ongkos proses pengecetan yang dilakukan oleh tukang pun juga mahal. Eits, tapi kamu nggak usah khawatir, sebab sekarang kamu bisa kok belajar cara mengecat rumah sendiri.

Penasaran? Bagaimana cara mengecat rumah sendiri dengan benara dan bertahan lama? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mengecat Tembok yang Lama

Cara Mengecat TembokCara Mengecat Tembok © pexels.com/@monica

Kalau kamu ingin mengecat kembali dinding lama rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya ialah masih terdapat sisa cat lama di dinding. Sehingga, jika langsung di cat, akan membuat dinding mu terlihat 'belang'.

Lalu, bagaimana cara mengecat tembok yang lama? Berikut tahapannya yang perlu kamu perhatikan.

1. Langkah pertama cara mengecat tembok lama ialah periksa kondisi dinding, seperti lapisan plamir atau cat lama apakah masih kuat melekat atau tidak.

Untuk mengetahui hal tersebut, kuaskan air pada permukaan tembok lalu tunggu beberapa saat. Kalau pada permukaan tembok tampak gelembung-gelembung, permukaan tembok harus dikelupas.

2 dari 4 halaman

Cara Mengecat TembokCara Mengecat Tembok © shutterstock.com/bogdanhoda

2. Setelah mengecek kondisi dinding, cara mengecat tembok selanjutnya ialah dengan bersihkan permukaan dinding. Hilangkan semua bagian cat yang terkelupas, kotoran, dan debu lainnya dengan cara mengampelasnya terlebih dahulu.

3. Cara mengecat tembok rumah berikutnya adalah melapisi tembok dengan wall sealer (Cat dasar) yang fungsinya untuk menetralisasi PH semen agar sesuai dengan PH cat. Ohya, kalau dindingmu cenderung lembap sebainya gunakan sealer yang mengandung alkali ya.

4. Kemudian kamu bisa memulai cat ulang tembok kamu dengan mengaduk cat yang ingin diaplikasikan hingga rata, lalu encerkan sesuai petunjuk kemasan, dan mulailah ulaskan cat ke tembok yang sudah kamu siapkan. Taraaa! Cara mengecat tembok rumah yang lama ternyata gampang kan?

3 dari 4 halaman

Cara Mengecat Tembok yang Benar

Cara Mengecat TembokCara Mengecat Tembok © shutterstock.com/kurhan

Selain membahas tentang cara mengecat tembok yang lama, kami juga akan mejelaskan kepada kalian bagimana mengecat tembok yang benar supaya awet dan tidak mudah terkelupas.

Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara mengecat tembok yang benar meski tanpa bantuan tukang cat.

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Langkah pertama cara mengecat tembok yang baik dan benar ialah kamu harus memperisapkan segala sesuatu yang akan kamu butuhkan untuk mengecat rumah. Oleh karena itu, berikut beberapa peralatan yang harus kamu siapkan seperti, masking tape, lakban, tangga, amplas, koran, dempul, kuas, roller, bak cat, dan warna cat yang kamu inginkan.

2. Pastikan Dinding Sudah Siap untuk Dicat

Sebelum mengecat dinding, jangan lupa untuk membersihkan dinding dari debu supaya permukaan lebih halus dan rata. Gunakan kemoceng, vacuum cleaner atau lap untuk membersihkan dinding.

Kalau sudah, cara mengecat selanjutnya ialah dengan mempersiapkan area dinding yang akan dicat serta tutup area-area yang tidak ingin dicat seperti tepi plafon, bingkai jendela, dan gagang pintu.

4 dari 4 halaman

3. Siapkan Cat yang Akan Kamu Gunakan

Cara Mengecat TembokCara Mengecat Tembok © shutterstock.com/Arturs Budkevics

Sebelum diaplikasikan pada dinding, cara mengecat tembok yang benar adalah cat harus diaduk terelebih dahulu supaya tidak terdapat gumpalan dan warna yang dihasilkan bisa lebih optimal.

Aduk cat selama lima menit dan tambahkan 10% air ke dalam campuran cat, kemudian lapisi permukaan tembok dengan cat water base atau solvent dengan kualitas tinggi supaya cat terlihat lebih halus, rata, dan tidak cepat mengelupas.

4. Pelajari Kuas dan Metode Mengecat

Cara mengecat tembok yang tak boleh terlewatan ialah pahami metode mengecat serta pelajari kuasnya. Penggunaan roller saat mengecat memang akan membantu untuk mengecat area dinding yang besar. Akan tetapi, kalau kamu ingin mengecat area-area sempit seperti tepian dan sudut ruangan, kamu harus menggunakan kuas berukuran kecil supaya hasilnya rapi dan lebih detail.

Selain itu, cara mengecat tembok yang benar adalah gunakan metode zig-zag dari atas ke bawah secara berulang kalu supaya dinding bisa tertutup dengan halus dan rata.

Itulah cara mengecat tembok yang benar dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan tukang. Cukup mudah, bukan? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar