Cara Menghias Kamar Tidur Kosan yang Sempit dengan Barang Bekas, tapi Tetap Terlihat Aesthetic

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 13 Agustus 2020 09:06
Cara Menghias Kamar Tidur Kosan yang Sempit dengan Barang Bekas, tapi Tetap Terlihat Aesthetic
Nggak perlu budget besar, inilah cara menghias kamar dengan barang bekas.

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling vital, sebab fungsi utama dari kamar tidur ialah untuk beristirahat atau tidur, sehingga unsur kenyamanan menjadi yang utama dalam mendesain dan mendekorasi sebuah kamar tidur.

Selain itu kenyamanan sebuah kamar tidak hanya bergantung pada luas ruangannya, sehingga salah satu solusi mengubah kamar tidur menjadi tempat yang paling nyaman ialah dengan cara menghias kamar.

Cara menghias kamar tidur bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas ataupun furniture lainnya yang sesuai dengan budget kamu. Untuk itu, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menghias Kamar Tidur dengan Kertas Kado

Cara Menghias Kamar © Diadona

Saat menghias kamar, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli furniture baru. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan barang-barang sisa, seperti kertas kado.

Nggak mesti memiliki keterampilan khusus, kamu hanya perlu mengerahkan sedikit kreatifitasmu saat menerapkan cara menghias kamar dengan kertas kado ini.

1. Headboard Geometris dari Kertas Kado Polos

Cara menghias kamar dengan kertas kado bekas yang satu ini dikombinasikan dengan pemanfaatan stereofoam bekas, caranya stereofoam dipotong-potong sesuai dengan bentuk geometri yang kamu inginkan menggunakan cutter, lalu tempelkan kertas kado polos pada permukaan stereofoam. Susun bentukan geometris tersebut secara acak, hingga menampilkan headboard dengan perpaduan warna yang dinamis.

2. Pelapis Plafon Dekoratif

Sama halnya dengan menempelkan wallpaper, wall sticker, atau glow in the dark sticker, cara menghias kamar yang satu ini juga membuat kamu berani mengekplorasi area plafon kamar lho.

Cara Menghias Kamar © Diadona

3. Hiasan Rak Terbuka

Nggak mesti hanya pada bagian dinding saja, menghias kamar dengan kertas kado juga bisa diaplikasikan pada furniture. Selain terlihat simple, menghias kamar dengan cara ini juga mudah kok, guys.

Pertama, gunting kertas kado sesuai dengan ukuran dinding kotak pada rak terbuka kemudian tempelkan double tape secara memanjang pada keempat sisi dari kertas kado tersebut, lalu pasang. Taraaa! rak terbuka mu jadi lebih cantik, kan?

2 dari 4 halaman

Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cara Menghias Kamar © Diadona

Bagi sebagian orang, memiliki kamar sempit kadang bikin jengkel karena tidak bisa menempatkan banyak hal di dalam kamar. Bahkan meski dipaksakan pun, kamar kamu rasanya akan jadi kapal pecah sebab barang-barang berserakan dimana-mana dan menumpuk tak karuan.

Oleh karena itu, kamu harus memutar otak dan memaksimalkan potensi kamar tidurmu yang sempit menjadi tetap estetik dengan cara menghias kamar. Penasaran kan bagaimana caranyan? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Tempat Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Salah satu cara menghias kamar tidur yang sempit agar disulap menjadi tempat penyimpanan ekstra ialah dengan menempatkan beberapa kontainer plastik praktis di bawah kasur atau menggunakan laci dorong.

2. Rak Melayang

Seperti yang diketahui, masalah utama pada ukuran kamar kecil adalah terbatasnya ruang penyimpanan. Sehingga untuk mengatasi kondisi ini ialah dengan cara menghias kamar meggunakan beberapa rak melayang atau rak dinding untuk penyimpanan ekstra.

3. Penggunaan Pintu dan Jendela Geser

Cara menghias kamar tidur dengan ukuran sempit yang tak boleh terlewatkan ialah menggunakan jendela atau model pintu geser. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang, serta membuat kamar tidur terkesan lebih stylish dan modern.

3 dari 4 halaman

Cara Menghias Kamar Tidur dengan Barang Bekas

Cara Menghias Kamar © Diadona

Sudah menjadi hal yang sangat wajar kalau diantara kamu akan menghabiskan waktu di kamar tidur saat libur akhir pekan, ya nggak? Apalagi para perantau yang harus tinggal di kos-kosan, kamar ialah ruangan yang sangat esensial.

Itulah mengapa kamu harus membuat kamarmu jadi senyaman mungkin, salah satunya ialah dengan menghias kamar tidur. Bahkan untuk menghias kamar bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas, lho! Penasaran kan bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini.

1. Vas Bunga dari Botol Kaca

Cara menghias kamar tidur dengan barang bekas yang pertama ialah menggunakan vas bunga dari botol kaca. Menghias kamar dengan botol kaca ini tidaklah sulit untuk di lakukan, sebab kamu hanya memberikan warna pada botol kaca dengan berbeda-beda.

Caranya, masukan cat ke dalam botol dengan bantuan alat suntik, lalu putar-putar botol kaca tersebut hingga menutupi seluruh bagian dalamnya. Setelah kering, kamu tinggal menambahkan bunga ke dalam botolnya. Gampang, kan?

2. Lampu Tidur dari Kaleng Bekas

Kalau kamu punya kaleng bekas di rumah, mulai sekarang jangan di buang ya. Sebab kamu bisa memanfaatkan kaleg tersebut sebagai hiasan kamar tidur yang unik, lho. Gimana caranya?

Cara menghias kamar tidur dari kaleng bekas ini cukup mudah kok, karena kamu hanya perlu membolongi kalengnya dengan mengikuti pola yang sudah kamu buat dan di tempelkan dalam kaleng yang melingkar tersebut lalu tinggal taruh lampu di dalamnya. Taraa! cantik kan?

4 dari 4 halaman

Cara Menghias Kamar © Diadona

3. Wallpaper Kamar dari Sprei Lama

Selain dua cara diatas, cara menghias kamar tidur yang satu ini dijamin bikin kamu betah di atas kasur. Kenapa? Sebab kamu bisa memanfaatkan sprei lamamu menjadi wallpaper kamar. Kebayang kan nyamannya gimana?

Selain itu, untuk menghias kamar tidur yang satu ini juga simple, yakni kamu hanya menempelkan sprei ke dinding kamar dengan menggunakan paku tembak atau double tape yang kuat.

Itulah cara menghias kamar kosmu yang sempit menggunakan barang-barang bekas ataupun kertas kado. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar