7 Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah, Mulai dari Mencerahkan hingga Jadi Anti-Aging

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 18 Maret 2024 20:38
7 Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah, Mulai dari Mencerahkan hingga Jadi Anti-Aging
Manfaat kulit manggis juga dapat dirasakan oleh kulit wajah, lho. Berikut beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui.

Selain memberikan manfaat kesehatan, kulit manggis juga memiliki potensi besar dalam perawatan kulit. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi hingga kemampuannya dalam mengurangi peradangan, kulit manggis menawarkan sejumlah manfaat yang menarik untuk kecantikan kulit wajah. 

Penting untuk memahami bahwa kulit manggis mengandung senyawa-senyawa aktif seperti xanthones, flavonoid, dan polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua sifat ini memiliki peran yang penting dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas, serta meredakan peradangan pada kulit, sehingga membantu menjaga kulit untuk tetap sehat dan cerah.

Selain itu, senyawa-senyawa tersebut membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang esensial untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. 

Untuk membahas lebih lanjut manfaat kulit manggis untuk wajah, simak artikel berikut ini!

1 dari 5 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Sebagai Perawatan Kulit Wajah Berjerawat

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Sebagai Perawatan Kulit Wajah Berjerawat © Diadona

Manfaat kulit manggis untuk wajah adalah mengurangi jerawat pada wajah. Kombinasi kulit manggis dan bengkuang dapat dijadikan masker wajah.

Kandungan xanthone pada kulit manggis dapat memengaruhi proses penyembuhan jerawat. Zat aktif yang tinggi pada kulit manggis dan zat aktif yang berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan, vitamin c, flavanoid pada bengkuang dapat mengurangi jerawat pada kulit wajah. 

Manfaat kulit manggis untuk wajah dalam mengurangi jerawat pada kulit wajah dapat didapatkan dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dalam kapsul. Aktivitas anti bakteri yang terdapat dalam kulit manggis mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

Ekstrak kulit manggis mampu menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, bakteri Staphylococcus aureus, dan Staphyloccoccus epidermidis. Sehingga manfaat kulit manggis untuk wajah dapat dijadikan salah satu obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit jerawat pada kulit wajah. 

2 dari 5 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Sebagai Anti-Aging

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Sebagai Anti-Aging © Diadona

Selanjutnya, manfaat kulit manggis untuk wajah adalah anti aging. Kulit manggis memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat mengurangi proses penuaan dini pada kulit wajah.

Ekstrak kulit buah manggis dapat dijadikan sebagai salah satu bahan masker gel peel off. Aktivitas antioksidan pada masker tersebut cukup tinggi karena ekstrak kulit manggis memiliki senyawa aktif alfamangostin yang merupakan turunan xanthone. Senyawa ini dapat menangkal radikal bebas seperti sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan. 

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Membantu Melembapkan

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Melembapkan Kulit Wajah © Diadona

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kulit manggis dapat melembapkan kulit dan membuat kulit tampak lebih kenyal dan sehat. Manfaat kulit manggis untuk wajah dengan memperbaiki struktur sel kulit dan melindunginya dengan baik. 

3 dari 5 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Membantu Mencerahkan 

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Membantu Mencerahkan Kulit Wajah © Diadona

Manfaat kulit manggis untuk wajah selanjutnya adalah membantu dalam mencerahkan kulit wajah. Kulit manggis mengandung vitamin C yang dipercaya mampu mencerahkan kulit dan bantu pencegahan kerusakan sel kulit.

Vitamin C pada kulit manggis membantu pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kulit tetap kencang. 

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Sebagai Pencegah Alergi 

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Sebagai Pencegah Alergi © Diadona

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak kulit manggis sebagai pencegah alergi kulit. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis dapat mencegah munculnya alergi yang merupakan bentuk pertahanan kekebalan tubuh terhadap zat asing yang hinggap di permukaan kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Memudarkan Flek Hitam

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Memudarkan Flek Hitam © Diadona

Flek hitam yang terjadi karena paparan sinar UV atau polusi lingkungan dapat memudar dengan masker kulit manggis. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan secara teratur.

Manfaat kulit manggis untuk wajah dibantu oleh Vitamin C yang terkandung dalam kulit manggis, mampu meregenerasi sel kulit sehingga dapat memudarkan flek hitam dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah: Menjaga Kulit Tetap Elastis

Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah - Menjaga Kulit Tetap Elastis © Diadona

Kulit manggis kaya akan zat antioksidan seperti xanthone dan flavonoid dapat menjaga keremajaan kulit sehingga tetap elastis. Kulit akan terlihat lebih sehat dan muda karena terlindung dari zat antioksidan. 

Beri Komentar