10 Cara Mengusir Semut Merah Agar Tidak Datang Lagi di Rumah, Dijamin Ampuh Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 18 Agustus 2020 18:52
10 Cara Mengusir Semut Merah Agar Tidak Datang Lagi di Rumah, Dijamin Ampuh Moms!
Bahan-bahan sederhana ini bisa jadi jurus ampuh cara mengusir semut di rumah.

Cara mengusir semut yang mengganggu di rumah bisa dilakukan hanya dengan bahan-bahan sederhana loh moms! Bahan-bahan ini sudah pasti mudah dicari dan bisa saja selalu tersedia di rumah. Jadi bisa bebas deh dari kerumunan semut yang suka datang keroyokan.

Pasti sebal banget kan moms, kalau tiba-tiba semut datang. Apalagi mereka nggak mungkin hanya seekor atau dua ekor, pasti rame-rame. Bahkan, semut nggak hanya menyerbu makanan atau minuman manis saja. Tapi yang berserakan dikit saja, sudah bisa mengundang semut datang.

Nah, sekarang Mommies nggak perlu pusing-pusing lagi sama semut. Soalnya, mengutip dari berbagai sumber, ada banyak cara mengusir semut di rumah biar nggak datang lagi yang ampuh.

1 dari 5 halaman

Cara Mengusir Semut Merah

Cara Mengusir Semut Merah © Diadona


Memanfaatkan bahan-bahan sederhana di rumah ini, bisa jadi cara mengusir semut merah yang bisa diandalkan.

Bubuk Kopi


Bubuk kopi di rumah buat sang suami, juga bisa dimanfaatkan jadi cara mengusir semut nih moms! Soalnya aroma kopi hitam justru nggak disukai sama hewan kecil ini. Caranya cukup ditaburkan di taman dan semut merah akan menjauh dari tumbuhan di rumah.

Cengkeh


Nggak hanya aroma kopi, cengkeh pun nggak disukai semut. Jadi ampuh sebagai bahan pengusir semut merah.

2 dari 5 halaman

Daun Sirih

39 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Mata, Wajah, Juga Bagi Wanita © Diadona


Semut merah memang suka dijumpai di taman atau kebun. Bisa nih moms, menanam sirih yang selain buat mempercantik taman dan penghijauan, juga untuk mengusir semut merah.

Lemon


Perasan air lemoh yang dicampur dengan air juga bisa menjadi jurus jitu mengusir semut loh moms! Caranya tinggal masukkan campuran tersebut ke botol spray dan semprotkan di tempat yang sering jadi sasaran semut merah.

Cuka dan Lada


Semut juga anti banget sama bumbu dapur lada dan aroma cuka. Caranya bisa mencampurkan keduanya lalu menaburkan di sudut-sudut rumah untuk mengusir semut.

3 dari 5 halaman

Tepung Jagung

Tepung Maizena © Diadona


Nggak hanya berguna sebagai adonan, tepung jagung atau maizena ini juga ampuh sebagai cara mengusir semut sampai sarangnya loh moms! Caranya juga gampang banget, tinggal ditaburkan ke dekat sarang semut.

Nantinya semut akan memakannya dan membuat mereka mati. Soalnya tepung jagung akan mengembang di perut semut dan tidak bisa dicerna.

Cairan Sabun Cuci


Kalau bahan-bahan di atas nggak ada di rumah, Mommies bisa pakai bahan yang pasti selalu ada di rumah nih! Yap sabun cuci atau deterjen.

Caranya dengan mencampurkan air dan deterjen secukupnya. Kemudian masukkan dalam botol spray. Terus tinggal disemprotkan ke daerah jalannya semut atau langsung menyerang sarang semut. Gampang kan moms?

Kulit Telur


Kalau habis memakai telur, kulitnya jangan langsung dibuang ya moms. Kulit telur ini bisa menjadi andalan Mommies untuk membasmi semut di rumah.

Caranya dengan disangrai sampai kehitaman. Kemudian tumbuk halus dan ditaburkan ke sarang semut. Dijamin semutnya langsung mati deh.

4 dari 5 halaman

Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi

Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi © Diadona


Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Mommies perlu tahu nih, dua tips and trick cara mengusir semut agar tidak datang lagi. Pertama, pastikan kalau membasmi ratu semut yang tinggal di dalam sarang. Soalnya kalau menyemprotkan bahan-bahan di atas ke semut di luar sarang, nggak begitu besar loh efeknya, karena mereka adalah semut pekerja.

Itu kenapa, perlu menyerang sarang semut karena di sanalah sang ratu tinggal. Kalau menyemprot semut pekerja, yang ada sang ratu malah mengirim pasukan semut pekerja lebih banyak untuk mencari makan.

5 dari 5 halaman

Nah, cara mencegahnya Mommies bisa menggunakan kapur. Gambar garis-garis kapur agar semut tetap berada di luar jalur tersebut. Kenapa kapur? Soalnya kandungan kalsium karbonat di dalamnya sangat dibenci oleh bangsa semut moms.

Nah jadi, meskipun pakai bahan-bahan alami yang ampuh untuk cara mengusir semut, nggak bisa sembarangan ya moms. Harus pas kena di sarangnya agar semut tidak datang lagi.

Begitulah cara mengusir semut yang ampuh dan membuatnya nggak balik lagi ke rumah. Semoga berhasil ya moms.

Beri Komentar