Jangan Asal Taruh Barang, Ini loh 8 Tips Hemat Dekorasi Rumah Simpel Menggunakan Aksesoris

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 19 Juli 2020 10:13
Jangan Asal Taruh Barang, Ini loh 8 Tips Hemat Dekorasi Rumah Simpel Menggunakan Aksesoris
Patut dicoba Moms!

Tentu akan bosan dengan suasana rumah yang itu-itu mulu. Apalagi kalau usia rumah sudah 5 tahun-an, pasti akan muncul banyak keinginan buat mendekor ulang kan? Melakukan dekorasi ulang rumah tidak perlu harus merombak secara besar-besaran kok Moms. Tak perlu juga menghabiskan banyak uang jutaan rupiah.

Bagi Moms yang ingin berhemat saat mendekorasi rumah dengan aneka aksesoris, yuk simak tips yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Susun Aksesoris dengan Asimetris

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Tak sulit kok membuat suasana rumah yang tampak baru, cukup rombak ulang tata letak aksesoris seperti furnitur dan benda dekorasi lainnya. Jika selama ini Moms selalu meletakkan sofa secara simetris, cobalah ubah tata letaknya menjadi asimetris.

Jangan letakkan sofa sesuai bentuk ruangan, tapi letakkan berlawanan dengan sudut ruangan. Tempat tidur pun tak harus diletakkan menempel pada dinding loh, tapi Moms juga bisa coba meletakkannya di bagian tengah kamar agar tidak menempel pada dindng.

 

2 dari 8 halaman

2. Utamakan Kualitas

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Moms, jika terasa furniture rumah sudah lama terpaka dan berpotens rusak, maka jangan asal beli furnitur yang baru ya. Pentng sekali untuk memilih beberapa furnitur yang berkualitas dengan sesuai budget.

Msalnya, Moms lebih baik mebeli kursi bermaterial kayu dari pada plastik karena alasan seggi kokoh, awet dan bertahan lama. Jangan asal memilih aksesoris, cukup gunakan satu atau dua saja. Jumlah aksesoris tdak menentukan suatu ruangan akan terlihat bagus dan nyaman.

3 dari 8 halaman

3. Memilih Ukuran Aksesoris Rumah yang Sesuai dengan Luas Ruang

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, hal ini akan membuat ruangan terasa sesak dan Moms kesulitan untuk bergerak. Jangan gunakan aksesoris rumah berukuran kecil untuk ruangan berukuran luas karena ruangan akan terlihat kosong dan tidak menarik saat dilihat.

Jika ruangan saat ini terlihat penuh sesak, cobalah menyingkirkan beberapa aksesoris rumah yang tidak diperlukan atau yang ukurannya terlalu besar.

4 dari 8 halaman

4. Kombinasikan Aksesoris Rumah Berdasarkan Tekstur dan Warna

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Agar terlihat menarik, Moms bisa mengombinasikan aksesoris rumah berdasarkan tekstur dan warna. Cobalah menggunakan warna-warna berani dan material yang tidak biasa untuk furnitur. Misalnya kursi dari akrilik yang berwarna hijau neon atau sofa berbahan kulit sintesis yang berwarna merah.

5 dari 8 halaman

5. Tanaman Hias

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Gak perlu bingng, Moms bisa meletakkan tanaman hias berukuran kecil sebagai aksesoris rumah. Harga pot tanaman kecil ini jelas lebih murah daripada harga patung atau pajangan lainnya.

Pot tanaman kecil juga cocok untuk diletakkan di semua jenis interior rumah. Tidak perlu tanaman bunga warna-warni, Moms bisa menggunakan tanaman hijau untuk mempercantik tampilan ruangan seperti kaktus, Siklok, Kalatea, Lili Paris, atau English Ivy.

6 dari 8 halaman

6. Menggunakan Barang Bekas

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Gunakan kembali barang bekas untuk mengubahnya menjadi furnitur atau dekorasi. Moms sebaiknya sedikit berpikir kreatif dan berkarya ya. Gak perlu bingung, Moms bisa menggunakan sebuah drum bekas minyak untuk diubah menjadi tempat duduk yang nyaman dengan menambahkan busa di atasnya. Peti kayu di halaman belakang rumah pun bisa disulap menjadi meja kopi dengan kesan shabby chic.

7 dari 8 halaman

7. Mengganti Kain

Dekorasi Rumah Simple Menggunakan Aksesoris © Diadona

Dalam sebuah ruangan di rumah, Moms pasti akan menemukan sejumlah aksesoris yang menggunakan material kain seperti tirai, sarung bantal, atau karpet. Daripada membeli furnitur baru, mengganti kain-kain ini pastinya akan jauh lebih murah dan menyenangkan.

Beri Komentar