Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami yang Bisa Jadi Andalanmu, Wajib Cobain!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 6 Agustus 2020 20:22
Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami yang Bisa Jadi Andalanmu, Wajib Cobain!
Buat menghindari penyakit karena gigitan nyamuk, iniloh cara ampuh mengusir nyamuk secara alami yang bisa dipraktikan.

Penting banget nih, kita tahu cara mengusir nyamuk agar terhindar dari gigitannya. Soalnya nyamuk nggak hanya bikin badan gatal-gatal bekas gigitannya tapi juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Penyakit demam berdarah, malaria dan sebagainya karena nyamuk sudah nggak asing lagi kan?

Tapi kamu nggak perlu merogoh kantung dalam-dalam kok untuk metode mengusir nyamuk dari rumahmu. Soalnya, ada cara mengusir nyamuk alami yang bisa kamu andalkan.

1 dari 7 halaman

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami

Ada beberapa bahan nih yang bisa kamu pilih sebagai cara ampuh mengusir nyamuk secara alami.

Kemangi

Ilustrasi Kemangi © Diadona


Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kemangi juga bisa kamu andalkan sebagai cara mengusir nyamuk. Soalnya aroma khas dari tanaman herbal ini nggak disukai nyamuk. Terlalu menyengat bagi bangsa nyamuk.

Cara menggunakannya, cukup dengan meletakkan daun kemangi yang sudah kamu cuci. Lalu letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk.

Ingat ya guys, nyamuk suka tempat yang lembab gitu. Biasanya sih di sudut rumah, gantungan baju, kamar mandi dan sebagainya.

2 dari 7 halaman

Ampas Kopi

Ilustrasi Kopi © Diadona


Siapa nih yang penggemar kopi? Aroma wangi dari kopi memang menggugah selera ya. Tapi untungnya, justru nyamuk nggak suka loh! Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan nyamuk betina saja nggak akan bertelur di permukaan air yang mengandung ampas kopi.

Nah, kamu bisa manfaatkan nih ampas kopi untuk cara ampuh mengusir nyamuk. Tuang saja di daerah yang rawan nyamuk dan serangga lainnya. Tapi setelah itu tetap bersihkan tempat bekas siraman ampas kopinya ya.

3 dari 7 halaman

Serai

Ilustrasi Serai © Diadona


Nah, kalau serai ini sudah cukup terkenal menjadi metode yang ampuh mengusir nyamuk guys. Aroma dari serai lah yang akan bekerja menghempaskan jauh dari rumahmu. Cara menggunakan serai bisa dengan dibakar sebagai lilin di salah satu ujungnya.

Kemudian, letakkan di tempat yang lembab dan tinggi. Kamu bisa pakai vas kaca atau keramik yang nggak mudah terbakar. Jadi aman dan nyamuk pun akan pergi.

4 dari 7 halaman

Bawang Putih

bawang putih © Diadona


Masih soal aroma, kali ini kamu juga menggunakan bawang putih sebagai pengusir nyamuk yang pasti bakal mempan. Yap, nggak cuma enak dijadikan bumbu penyedap, tapi irisan bawang putih yang diletekkan di tempat gelap bisa mengusir nyamuk. Kamu tinggal meletakkannya di area gelap yang jarang terpapar sinar matahari.

5 dari 7 halaman

Minyak Kayu Manis

Bubuk Kayu Manis © Diadona


Tahu nggak sih, esktrak kayu manis ini menurut penelitian bisa membunuh telur-telur nyamuk yang ada di tempat gelap. Caranya juga gampang banget guys, kamu tinggal mencampurkan air dengan minyak kayu manis. Kemudian masukkan dalam botol penyemprot. Terus semprot deh area yang jadi sarang nyamuk.

6 dari 7 halaman

Minyak Lemon

lemon © Diadona


Masih berhubungan dengan minyak nih, kali ini minyak lemon yang bisa membantumu dalam pengusiran nyamuk yang ampuh. Soalnya menurut penelitian, bahan-bahan yang ada di minyak lemon eucalyptus, cukup efektif buat mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk pakai minyak lemon ini adalah menuangkan minyak di botol penyemprot yang sudah steril. Terus semprotkan di area tubuh yang sering jadi incaran nyamuk secara merata. Eits.. tapi jangan digunakan anak yang usianya di bawah 3 tahun ya.

7 dari 7 halaman

Kulit Jeruk

Ilustrasi Kulit Lemon © Diadona


Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan kalau kulit jeruk bisa mengurangi intensitas nyamuk buat berkembang. Sayangnya, belum sampai 100 persen nih kalau kulit jeruk bisa jadi cara mengusir nyamuk. Tapi nggak ada salahnya dicoba kan guys? Habis makan jeruknyam kulitnya buat ngusir nyamuk.

Jadi, itu tadi deretan bahan-bahan alami bisa kamu gunakan sebagai cara mengusir nyamuk. Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan rumah ya, biar nggak jadi sarang nyamuk.

Beri Komentar