Sering Dianggap Remeh, Berikut 5 Tips Memilih Karpet yang Tepat Guna dalam Dekorasi

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 20 Juli 2020 09:48
Sering Dianggap Remeh, Berikut 5 Tips Memilih Karpet yang Tepat Guna dalam Dekorasi
Yuk Moms, ikuti tips berikut ini!

Karpet memang selalu jadi salah satu komponen pelengkap dekorasi uangan. Tak hanya menambah item, keberadaan karpet bisa memunculkan nuansa baru serta menambah nilai estetika tersendiri

Oleh karena itu, walau terkesan remeh namun pemilihan karpet harus tepat guna agar sesuai dalam pemasangannya. Nah, gak asal memilih, Moms tentu bisa memilih lebih dulu jenis warnanya. Apakah akan selaras dengan ruangan atau malah ingin menambah kesan kontras.

Tak hanya itu saja, ukuran juga bisa jadi nilai tambah dalam memilih karpet untuk keseluruhan ruangan. Nah, berikut beberapa tips yang telah Dadona ulas. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Sesuaikan dengan Ruangan

Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Ruangan © Diadona

Moms harus membedakan beberapa karpet yang sesuai untuk setiap ruangan. Misalnya, karpet di lorong dan dapur cenderung lebih mudah kotor. Tentu berbeda dengan karpet di kamar tidur dan ruang keluarga yang biasanya akan lebih bersih karena jarang dilewati.

Maka dari itu, pemilhan karpet untuk lorong dan ruangan dapur disarankan memilih warna yang lebih gelap atau karpet bermotif agar mampu menutupi noda kotor. Sedangkan,  karpet dengan warna-warna lebih lembut akan cocok diaplikasikan pada ruang keluarga dan kamar.

2 dari 5 halaman

2. Ukuran

Tips Memilih Karpet Sesuai denga Ukuran © Diadona

Hindari penggunaan karpet kecil di tengah ruangan yang luas dan sedikit perabotan. Untuk menambah aksen, pilihlah karpet yang berukuran besar di ruangan seperti ini. Moms juga isa memainkan dengan warna dan motif sesuai dengan furniture. Pemilihan jenis karpet seperti ini harus menyetuh perabotan atau diletakkan di bawahnya.

3 dari 5 halaman

3. Bentuk

Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Bentuk © Diadona

Perbedaan bentuk karpet malah mungkin akan lebih cocok dengan nuansa sebuah ruangan. Misalnya, jika Moms memiliki meja makan berbentuk bulat, maka bisa banget dikombinaksikan dengan karpet bulat yang berukuran lebih besar dari meja makan. Nah, kesan bentuk tersebut akan bisa tergambar lebih jelas secara visual.

4 dari 5 halaman

4. Warna dan Motif

Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Warna dan Motif © Diadona

Gak harus senada dengan perabotan ruangan rumah kok Moms, karpet justru bisa jadi penambah warna agar tidak terlihat membosankan. Pemilihan warna lembut bisa diguanakan untuk kesan lebih menenangkan, warna-warna cerah diguanakn supaya terasa lebih ceria.

5 dari 5 halaman

5. Material

Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Material © Diadona

Tak hanya warna dan motif, material karpet juga harus jadi suatu pertimbangan. Misalnya Moms memilih penggunaan karpet dengan material yang mudah dibersihkan, tekstur apa yang dihadirkan dalam sebuah ruangan, dan sensasi yang mau dihadirkan.

Dengan kesan tak banyak kotoran, Moms bisa memanfaatkan karpet beraksen bulu di kamar untuk menambah kenyamanan. Sementara, memanfaatkan katun sebagai material karpet di ruang keluarga supaya terasa lebih homey.

Nah, itulah tadi beberapa tips dalam memilih karpet yang tepat guna. Semoga bisa jadi bahan referensi ya Moms. Selamat mendekorasi!

Beri Komentar