12 Cara Ampuh Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami, Harus Dicoba nih Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 30 Juli 2020 21:02
12 Cara Ampuh Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami, Harus Dicoba nih Moms!
Sekarang sudah bisa coba cara mengusir lalat di rumah secara alami.

Banyak orang yang mencari cara ampuh mengusir lalat di rumah karena merasa terganggu. Serangga jenis ordo Diptera ini memiliki sepasang sayap terbang yang biasanya mengganggu dengan suaranya. Selain suaranya yang bising, lalat juga berbahaya bagi kesehatan.

Melansir dari Liputan6, seorang peneliti di Penn State Eberly College of Science di Amerika Serikat bilang lalat membawa kuman dan bakteri seperti e-coli, salmonella dan lainnya yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Meski kecil, lalat adalah serangga yang harus dibasmi, moms. Sebab, ia bisa sebabkan maag, sepsi atau bahkan keracunan pada darah anggota keluarga kita. Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber tentang cara ampuh mengusir lalat secara alami yang bisa diterapkan dari sekarang.

1 dari 7 halaman

Cara Mengusir lalat di Rumah

Cara Mengusir Lalat di RumahCara Mengusir Lalat di Rumah © arffoodsafety


Tenang saja moms, ada cara mengusir lalat di rumah yang ampuh dengan memanfaatkan barang-barang di rumah kok.

Kantok Plastik dan Air


Bahannya mudah didapatkan nih, cukup menyediakan kantong plastik yang diisi air. Cara mengusir lalat di rumah dengan kantong berisi air ini akan membuat lalat bingung karena kantong bisa memantulkan cahaya di seluruh tempat.

Sedangkan mereka memiliki 3000-6000 mata di setoap bulatan matanya untuk mendeteksi gerakan cahaya. Kamu tinggal meletakkan plastik berisi air secara menggantung di tempat yang cahayanya terang.

2 dari 7 halaman

Minyak Esensial

Ilustrasi Minyak LavenderIlustrasi Minyak Lavender © 2019 https://www.diadona.id/thehealthy.com


Bahan-bahan alami yang ada di dalam minyak esensial, seperti minyak peppermint, daun serai dan minyak levender ini ampuh sebagai cara mengusir lalat di rumah seperti kutipan dari Hellosehat. Bahan-bahan alami bisa dipakai sebagai pengganti smeprotan kimia.

Caranya cukup menyemprotkan minyak esensial dari daun serai di pintu, jendela dan area yang sering dihampiri lalat. Sedangkan minyak peppermint bisa dengan dioleskan pada bola kapas dan diletakkan di tempat yang sering didatangi lalat.

Nah, kalau minyak lavender dicampur dengan beberapa tetes minyak bunga matahari. Lalu semprotkan di area sudut-sudut rumah, apalagi yang sering didatangi lalat.

Perangkat Lem


Moms, bisa juga loh membuat perangkap dari lem untuk mengusir lalat. Cukup menyediakan kerta berwarna cokelat ukuran A4 yang diolesi lem. Lalu taburkan umpan makanan di atas kertas yang membuat lalat hinggap dan nggak bisa kabur.

3 dari 7 halaman

Cuka Apel

Ilustrasi Cuka ApelIlustrasi Cuka Apel © 2019 https://www.diadona.id


Penggunaan cuka apel juga direkomendasikan sebagai cara mengusir lalat yang ampuh nih moms! Caranya cukup menggunakan setengah botol cuka apel dan tambahkan beberepa tetes cairan pencuci piring.

Kemudian, membuat lubang kucing di bagian atas botol dan gunakan plastik bening yang diikat dengan karet. Hal ini bisa memancing lalat untuk masuk ke dalamnya karena aroma cuka apel. Lalat pun akan terjebak di dalamnya karena lubang yang dibuat juga kecil.

Lilin Sereh


Apakah Mommies suka pakai lilin aromaterapi di rumah? Kalau iya, bisa nih cari yang beraroma sereh untuk mengusir lalat. Soalnya aroma tajam dari sere yang khas ini ampuh buat menghempaskan lalat jauh dari rumah.

4 dari 7 halaman

Cara Ampuh Mengusir Lalat Secara Alami

Cara Ampuh Mengusir Lalat Secara AlamiCara Ampuh Mengusir Lalat Secara Alami © orkin


Kalau tadi pakai bahan-bahan yang mudah didapatkan, ada bahan alami yang nggak kalah ampuh nih buat dipakai jadi cari mengusir lalat.

Kemangi


Secara umum, lalat nggak suka aroma tumbuhan yang tajam seperti melansir dari Hellosehat, termasuk kemangi moms. Tanaman beraroma ini juga bisa menciptakan suasana rumah yang sehat karena ada kandungan antibakteri dan antivirusnya loh!

Cara menggunakannya juga gampang banget. Cukup dengan meletakkan daun kemangi di area yang rawan didatangi lalat. Dijamin deh lalat nggak akan mau berkunjung ke rumah lagi.

5 dari 7 halaman

Daun Pandan

Ilustrasi Daun PandanIlustrasi Daun Pandan © 2020 https://home.bt.com/


Ada tanaman beraroma lainnya yang bisa dipakai sebagai cara mengusir lalat secara alami. Yap, daun pandan yang wangi ini nggak disukai lalat bahkan bisa juga mengusir kecoak.

Mommies bisa memotong daun pandan dan disimpan di suatu wadah. Lalu, letakkan wadah berisi daun pandan di sudut-sudut rumah, apalagi yang sering didatangi lalat.

Garam


Menaburkan garam di sekitar area rumah juga bikin lalat menghindar loh! Bisa juga dengan mencampurkan garam dan kunyit bubuk biar lebih ampuh.

6 dari 7 halaman

Potongan Timun

Ilustrasi infused water mentimunIlustrasi infused water mentimun © 2019 https://www.diadona.id/drpatriciamd.com


Kalau kita suka timun sebagai pasangan makan lalapan, lalat justru sebaliknya moms. Potongan timun ini bisa dipakai sebagai cara mengusir lalat di rumah. Caranya masih sama seperti sebelumnya, tinggal meletakkan di area rumah.

Jeruk Lemon dan Cengkeh


Masih berhubungan dengan aroma yang nggak disukai lalat. Meletakkan cengkeh kering di atas irisan jeruk lemot saat lalat berkumpul bisa mengusirnya secepat mungkin loh!

Bumbu Dapur


Ada campuran rempah yang bisa dipakai untuk cara mengusir lalat juga moms. Mulai dari bawang putih, bubuk cabai, kayu manis dan air yang dicampur.

Aduk sampai air berubah dan diamkan beberapa saat. Kemudian, saring air dari sisa-sisa bahan dan masukkan dalam botol smeprotan. Jadi deh semprotan alami pengusir lalat.

7 dari 7 halaman

Jaga Kebersihan Rumah

Ilustrasi Cuci PiringIlustrasi Cuci Piring © shutterstock.com


Selain bahan-bahan alami di atas yang sudah dijabarkan, cara mengusir lalat di rumah adalah dengan menjaga kebersihan. Mulai dari menyimpan bahan makanan dengan wadah tertutup. Kalau bisa bahan yang gampang membusuk simpan di kulkas ya moms.

Terus bersihkan juga saluran air di rumah. Soalnya lalat itu suka banget berdiam di saluran air tempat cuci piring atau wadah sampah. Mereka akan menikmati sisa makanan dan berkembang di sana.

Cara mengusir lalat di saluran air bisa dengan tuangkan cairan pembersih yang ada kandungan klorinnya, terus siram dengan air panas.

Gimana moms, gampang dan praktis kan cara mengusir lalat di rumah? Bahan-banhannya juga mudah didapatkan, bahkan ada di dapur kesayangan kita. Jangan lupa juga jaga kebersihan, terutama area dapur ya moms.

Beri Komentar