Cuaca Mendung dan Sering Turun Hujan, Masihkah Perlu Pakai Sunscreen?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 18 Januari 2023 18:03
Cuaca Mendung dan Sering Turun Hujan, Masihkah Perlu Pakai Sunscreen?
Masih perlu nggak ya? kan mataharinya nggak nongol tuh~

Sunscreen perlu digunakan secara teratur untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sinar UV tidak hanya membuat kulit menjadi lebih gelap karena juga bisa mempercepat penuaan dini hingga memicu timbulnya kanker kulit. Akan tetapi, hujan yang sering turun di wilayah Indonesia membuat sinar matahari enggan muncul. Nah, kalau lagi sering mendung dan hujan kayak gini, apakah perlu pakai sunscreen saat cuaca mendung?

1 dari 5 halaman

Pakai sunscreen saat cuaca mendung

Ilustrasi SunscreenIlustrasi Sunscreen © shutterstock.com/id/g/grinvalds

Banyak yang mengira bahwa sinar UV terhalangi dengan awan mendung sehingga tidak berbahaya untuk kulit. Akibatnya, banyak yang tidak memakai sunscreen saat cuaca mendung. Dilansir dari Hellosehat, sunscreen tetap perlu digunakan saat cuaca mendung karena sinar UV masih bisa mencapai bumi.

Meskipun tidak banyak sinar matahari yang terlihat, sinar UV bisa membuat kulit terbakar meskipun cuaca mendung dan bahkan efeknya akan lebih parah.

2 dari 5 halaman

Selain membakar kulit, sinar UV masih bisa merusak kulit dan mempercepat penuaan dini. Dilansir dari Healthline, sinar UV memiliki kekuatan yang lebih tinggi di jam 10 pagi hingga 4 sore ketika bumi mendapatkan lebih banyak pancaran sinar matahari.

Awan mendung memang bisa menutup pancaran sinar matahari ke bumi tersebut, tetapi 90 persen sinar UV masih bisa menembus sampai ke bumi sehingga akan tetap berbahaya untuk kulit.

3 dari 5 halaman

Cara melindungi kulit dari sinar UV

Ilustrasi SunscreenIlustrasi Sunscreen © shutterstock.com/id/g/sasilsolutions

Menurut Patient Info, sunscreen perlu diaplikasikan secara teratur ketika indeks sinar UV berada di atas angka 3. Meskipun cuaca mendung, sunscreen yang digunakan harus memiliki kandungan SPF minimal 30, ditambah dengan mengenakan pakaian yang bisa melindungi dari sinar UV, dan berteduh jika memungkinkan.

4 dari 5 halaman

Dilansir dari healthline, ada beberapa cara melindungi kulit dari sinar UV, seperti:

  • Mengenakan pakaian yang memiliki perlindungan sinar UV
  • Memakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV
  • Menggunakan sunscreen dengan fitur broad-spectrum yang akan melindungi dari sinar UVA dan UVB, serta memiliki kandungan SPF minimal 30
  • Berlindung di tempat yang teduh ketika berada di luar ruangan, khususnya jika indeks sinar UV sedang tinggi
  • Menggunakan topi atau penutup kepala yang akan melindungi wajah dari sinar UV
  • Mengurangi kegiatan di luar ruangan dan mencoba untuk keluar ketika sinar matahari sedang tidak terik, yakni di pagi dan malam hari
  • Pakai sunscreen saat cuaca mendung ternyata sangat penting agar bisa menghindarkan dari efek buruk sinar UV, termasuk kanker kulit.

Beri Komentar