Meski Punya Banyak Vitamin, tapi Deretan Buah Ini Ternyata Pnya Kandugan Gula Tinggi

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 19 Januari 2023 17:03
Meski Punya Banyak Vitamin, tapi Deretan Buah Ini Ternyata Pnya Kandugan Gula Tinggi
Wah, awas diabetes is calling nih~

Bicara soal makanan tinggi gula, kamu mungkin langsung membayangkan cokelat, kue, hingga es krim. Namun, tahukah kamu ada buah tinggi gula yang perlu dibatasi untuk cegah diabetes?

Buah-buahan diketahui sebagai sumber gula alami yang masih bisa dikonsumsi oleh orang sehat maupun penderita diabetes. Kendati begitu, bukan berarti kita boleh mengonsumsi buah-buahan secara berlebihan. Kandungan gula pada buah tetap dapat memicu diabetes. Nah, apa saja buah-buahan tersebut? mari kita simak informasinya berikut ini!

1 dari 8 halaman

Apel

Ilustrasi ApelIlustrasi Apel © Unsplash/ Shelley Pauls

Satu apel berukuran besar mengandung 25,1 gram gula atau setara dengan sebatang coklat. Sebagian besar gula dalam apel adalah fruktosa, yang sering disebut sebagai " gula buah" karena ditemukan secara alami.

Fruktosa tidak menyebabkan gula darah atau kadar insulin melonjak layaknya glukosa atau sukrosa. Kendati demikian, konsumsi apel berlebihan kemungkinan juga dapat memicu kenaikan gula darah. Jika kamu pasien diabetes, pilihlah apel hijau yang diklaim rendah gula, dibanding apel merah.

2 dari 8 halaman

Mangga

Buah-buahan tropis seperti mangga biasanya memiliki kadar gula yang lebih tinggi. Pada 100 gram buah mangga mengandung 14 gram gula. Beberapa ahli gizi menyarankan untuk memadukan mangga dengan greek yoghurt yang rendah lemak dan tinggi protein. Protein diketahui dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

3 dari 8 halaman

Pisang

Ilustrasi pisangIlustrasi pisang © 2019 https://www.diadona.id/shutterstock

Satu buah pisang berukurang sedang atau besar mengandung gula sekitar 15,4 gram. Itu setara dengan donat yang dilapisi gula halus. Pisang mungkin tidak tampak seperti suguhan termanis, tetapi ada cukup banyak gula yang tersembunyi di balik kulitnya.

Kandungan gula juga bisa meningkat saat pisang matang atau dari hijau menjadi kuning. Ahli gizi Beth Czerwony, RD, kepada Cleveland Clinic merekomendasikan konsumsi pisang ukuran kecil jika kamu ingin menjaga gula darah normal.

4 dari 8 halaman

Anggur

Satu cangkir anggur mengandung 14,9 gram gula yang setara dengn sepotong kue Konsumsi anggur sewajarnya bisa membantu kamu tetap sehat dan terhindar dari diabetes.

5 dari 8 halaman

Mangga

Ilustrasi ManggaIlustrasi Mangga © 2019 https://www.diadona.id

Buah-buahan tropis seperti mangga biasanya memiliki kadar gula yang lebih tinggi. Pada 100 gram buah mangga mengandung 14 gram gula. Czerwony menyarankan untuk memadukan mangga dengan greek yoghurt yang rendah lemak dan tinggi protein. Protein diketahui dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

6 dari 8 halaman

Jeruk

Pada 100 gram buah jeruk mengandung 9 gram gula. Jeruk juga mengandung serat yang membantu meringankan pelepasan gula ke dalam darah. Namun, kamu sebaiknya makan buah jeruk asli, bukan buah jeruk peras atau kemasan yang dijual di pasaran.

Pasalnya, meski diberi label 'perasan jeruk asli', minuman kemasan banyak mengandung gula tambahan.

 

7 dari 8 halaman

Semangka

Ilustrasi SemangkaIlustrasi Semangka © pinterest.com/Aila

Seratus gram buah semangka mengandung 6 gram gula. Semangka juga memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu 72. Namun, orang sehat masih dapat mengonsumsi semangka asal tidak berlebihan. Pasien diabetes pun boleh makan semangka untuk selingan, namun sebaiknya tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter. Makanan apa pun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang dimulai dari pelonjakan gula darah, kolesterol, hingga kenaikan tekanan darah.

Konsumsi buah umumnya baik dan dianjurkan untuk menunjang kesehatan karena mengandung vitamin, serat, serta nutrisi lain yang diperlukan tubuh. Meski demikian, ada beberapa buah tinggi gula yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan untuk cegah diabetes.

Beri Komentar