Tips Memilih Makanan untuk Anak, Jangan Sampai Keliru ya!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 26 Juli 2023 09:48
 Tips Memilih Makanan untuk Anak, Jangan Sampai Keliru ya!
Untuk makanan si kecil, pilih yang sehat-sehat aja ya Diazens!

Tips memilih makanan untuk anak - Mengurus buah hati memanglah bukan hal yang mudah. Mulai dari hal paling dasar  seperti memilihkan makanan untuk mereka, kamu sebagai orang tua harus benar-benar teliti dan cermat agar mereka tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Diadona telah merangkum tips memilih makanan untuk anak dari berbagai sumber agar bisa kamu jadikan referensi. So, bareng-bareng simak uraiannya di bawah ini yuk Diazens!

 

1 dari 6 halaman

Penuhi Sumber Karbohidrat dan Serat

Tips Memilih Makanan untuk Anak © Diadona

Karbohidrat dan serat adalah teman baik si kecil yang selalu penuh energi. Pastikan makanannya kaya akan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau pasta gandum utuh. 

Selain itu, tambahkan juga sayuran dan buah-buahan segar sebagai sumber serat yang baik. Serat membantu pencernaan si anak dan menjaga perutnya tetap kenyang lebih lama, jadi gak mudah rewel deh!

Untuk karbohidrat kompleks, kamu bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, kentang, roti, nasi atau pun gandum. Sedangkan, untuk sumber serat kamu bisa mendapatkannya secara mudah dari aneka sayuran dan juga buah-buahan.

 

2 dari 6 halaman

Asupan Vitamin dan Mineral

Tips Memilih Makanan untuk Anak © Diadona

Si kecil sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat, jadi pastikan kamu memberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Banyak sayuran berwarna-warni dan buah-buahan segar yang bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang penting untuk tubuhnya. 

Jadi, vitamin dan mineral ini mempunyai peran vital dalam mendukung pertumbuhan fungsi otak anak, perkembangan organ, dan juga otot. Beberapa sumber makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ini adalah Ikan, kerang, dan tiram

Produk susu rendah atau tanpa lemak, kacang-kacangan (termasuk almond, kacang merah, kacang polong, kacang tanah, dan kacang kedelai).

Juga, kamu bisa menambahkan alpukat, pisang, melon, sayuran hijau, dan juga tomat ke dalam menu makan di kecil. Sederhana saja, yang penting kebutuhan gizi dan nutrisi tercukupi.

 

3 dari 6 halaman

Cukupi Kebutuhan Protein dan Lemak

Tips Memilih Makanan untuk Anak © Diadona

Protein dan lemak juga penting bagi tumbuh kembang si kecil lo Diazens. Pastikan ia mendapatkan cukup protein dari makanan seperti daging, ayam, ikan, telur, atau kacang-kacangan. 

Protein membantu membangun otot dan jaringan tubuhnya. Sementara itu, jangan takut memberikan lemak sehat dalam porsi yang tepat, seperti lemak yang terdapat di alpukat, ikan berlemak, atau minyak zaitun. Lemak sehat ini membantu perkembangan otak dan sistem sarafnya.

 

4 dari 6 halaman

Tips Untuk Memberikan Anak Makanan Sehat

Nah, setelah tahu tentang berbagai makanan sehat yang cocok untuk si kecil sekarang kamu harus tahu tips pemberiannya. Jadi, ini nantinya akan mempermudah kamu dalam menentukan pola makan sehat buah hati kamu ya, Diazens!

Makin Beragam Makin Banyak Nutrisi

Tips Memilih Makanan untuk Anak © Diadona

Si kecil butuh asupan nutrisi yang lengkap untuk tumbuh kembangnya ya Diazens. Nah, agar gizi si kecil tercukupi, coba sajikan makanan yang beragam. 

Misalnya nih, kamu bisa kombinasikan karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan dalam hidangan si kecil. Contohnya, buatlah nasi dengan tambahan daging ayam yang lembut dan lauk sayuran segar. Jangan lupa juga siapkan buah-buahan favoritnya untuk tambahan asupan serat.

 

5 dari 6 halaman

Libatkan Anak untuk Memilih Menu Makanan

Tips Memilih Makanan untuk Anak © Diadona

Kadang-kadang, si kecil lebih antusias saat diberi kesempatan untuk memilih sendiri menu makanannya. Jadi, kamu bisa ajak si kecil berpetualang di pasar atau toko swalayan. 

Ajak dia berbincang tentang berbagai pilihan makanan sehat yang ada di sana. Di sini jugalah tugas kamu memberikan pengetahuan kepada mereka tentang berbagai makanan yang sehat dan bergizi.

Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak

Oh iya, terlalu banyak gula, garam, dan lemak jahat gak baik untuk si kecil loh Diazens. Kamu bisa batasi makanan manis, makanan asin, dan camilan yang mengandung lemak jenuh. 

Gantilah camilan yang kurang sehat dengan pilihan camilan sehat, seperti buah potong, kacang panggang, atau yoghurt rendah lemak. Si kecil bakal tetap senang dan kamu gak perlu khawatir lagi deh.

 

6 dari 6 halaman

Biasakan Sarapan di Pagi Hari

Biar si kecil punya energi dan semangat sepanjang hari, pastikan ia sarapan dengan makanan bergizi di pagi hari. Sarapan penting banget, lho, karena memberikan tenaga yang dibutuhkan si kecil untuk beraktivitas dan belajar. 

Usahakan kamu memberikan menu sarapan yang mengandung sumber karbohidrat, protein, dan serat, misalnya roti gandum dengan selai kacang tanpa tambahan gula, dan tambahkan potongan buah segar sebagai sajian pelengkap. Jadi, si kecil gak hanya bersemangat, tapi juga sehat dan cerdas!

Jadi itu ya Diazens beberapa tips memilih makanan untuk anak yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan batasi mereka untuk memakan apapun yang mereka suka selagi itu makanan sehat. So, selamat bersuka ria dengan buah hati kamu ya!

 

Beri Komentar