Nafsu Makan Turun Drastis ketika Lansia, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 6 April 2021 16:27
Nafsu Makan Turun Drastis ketika Lansia, Kenapa Ya?
Padahal kesehatan lansia harus perlu lebih diperhatikan.

Makan merupakan hal yang penting bagi setiap orang agar memiliki energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga nafsu makan sangatlah penting agar makan makanan bergizi tetap lahap alias biar gak ogah-ogahan.

Namun ternyata, seiring umur bertambah, nafsu makan semakin berkurang lho! Terlebih ketika usia sudah memasuki usia senja nih. Kira-kira kenapa ya? Ternyata, melansir dari Hello Sehat, ada beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut.

1 dari 3 halaman

Beberapa Gangguan Kesehatan

Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia? Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia? © © MEN

Ternyata, ketika sudah tua, beberapa gangguan kesehatan memang sering menyerang. Misalnya saja daya pengecap jadi menurun sehingga selera makan pun hilang, makan pun jadi sedikit. Ditambahkan, gigi juga sudah mulai rapuh. Makan pun jadi nggak makana sehingga nafsu makannya menurun. Bisa juga karena kondisi pencernaan lansia yang mulai bermasalah dan melemah.

2 dari 3 halaman

Kecocokan Makanan

Lansia Tidak Dibolehkan Puasa, Mitos atau Fakta?Lansia Tidak Dibolehkan Puasa, Mitos atau Fakta? © © MEN

Oleh karena itu, peran kecocokan makanan untuk lansia sangatlah penting dan perlu diperhatikan. Bisa dari rasa, mungkin terlalu manis, pedas, keras, dan lain-lain. Atau bisa dilihat dari kondisi makannya. Bisa jadi beberapa lansia tidak berselera makan jika sendirian, jadi harus ditemani orang-orang terdekat, bisa cucu, dan lain sebagainya, begitu pula sebaliknya.

 

3 dari 3 halaman

Lansia nyatanya perlu lebih diperhatikan pola makannya karena kondisi tubuh yang mulai bermasalah. Sebab, bisa-bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Jika memang tak bisa diatasi secara mandiri, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terkait secara rutin agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Beri Komentar