5 Tips Rutinitas Sederhana agar Tidur Makin Nyenyak

Reporter : Mila
Selasa, 13 Desember 2022 06:57
5 Tips Rutinitas Sederhana agar Tidur Makin Nyenyak
wajib disimak nih!

Adanya rutinitas sebelum terlelap bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan yang muncul pada malam hari. Apa saja rutinitas sebelum tidur yang baik dan bisa membantumu tidur lebih nyenyak? Simak artikel selengkapnya ya!

1 dari 6 halaman

Menghindari Penggunaan Gadget

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan melalui gadget. Tak heran kalau kamu mungkin tergoda untuk bermain gadget sambil rebahan di tempat tidur. Sayangnya, memakai gadget sebelum tidur merupakan kebiasaan yang kurang baik.

Penggunaan alat elektronik termasuk ponsel, laptop, hingga tablet dapat memancarkan sinar biru yang bisamemengaruhi kerja otak. Sinar tersebut bisa 'menipu' otak hingga mengira hari masih siang. Alhasil, otak menekan produksi hormon melatonin dan membuatmu terjaga sepanjang malam.

Oleh karena itu, hindari penggunaan gadget. Kalau perlu, matikan gadget sebelum tidur sehingga tidak ada bunyi atau notifikasi yang akan mengganggu.

2 dari 6 halaman

Mengatur Kamar Tidur

Meski terdengar sepele, kamu harus memastikan suasana dan penataan kamar sudah nyaman. Buat temperatur atau suhu ruangan dingin dan matikan lampu.

Pengaturan-pengaturan sebelum tidur itu cukup untuk menstimulasi rasa kantuk.

Kalau merasa kurang nyaman untuk tidur dalam gelap, gunakan lampu tidur. Pastikan lampu tidur tidak terlalu terang tetapi cukup untuk membuatmu merasa rileks dan nyaman.

3 dari 6 halaman

Melakukan Teknik Relaksasi

Ada beberapa teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan sebagai rutinitas sebelum tidur, salah satunya relaksasi otot progresif. Teknik relaksasi ini bisa membantu melepaskan ketegangan fisik dan mental sehingga baik untuk dijadikan rutinitas sebelum tidur.

Dengan rutin melakukan teknik relaksasi ini sebelum tidur, tidak hanya akan merasa rileks, kamu juga bisa menghindari gangguan tidur seperti insomnia.

4 dari 6 halaman

Mendengar Musik

Menurut penelitian pada 2018, mendengarkan musik sebelum tidur bisa membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak pada malam hari. Aliran jenis musiknya tidak terlalu berpengaruh karena masing-masing orang punya preferensi yang berbeda. Selama jenis musik tersebut bisa membantu membuat kamu lebih rileks, musik tersebut bisa membuat Anda lebih cepat tidur.

Jenis audio lain juga baik untuk membantu tidur, seperti suara white noise yang membuat kamu lebih cepat mengantuk. Sementara itu, pink noise yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

5 dari 6 halaman

Membaca Buku

Kalau kamu gemar membaca buku, bisa banget nih dijadikan sebagai kebiasaan sebelum tidur.

Membaca umum dikenal sebagai kegiatan yang bisa dilakukan, apalagi bagi anak-anak. Para orang tua kerap membacakan buku untuk anaknya menjelang tidur.

Tapi, pastikan bahwa kamu tidak membaca buku dengan genre atau topik yang terlalu menegangkan atau membuat kamu malah makin penasaran. Pasalnya, genre atau topik buku seperti itu justru membuat kamu semakin terjaga dan enggan untuk tidur.

Beri Komentar