Ternyata Puasa Bisa Redakan Gejala Asam Lambung Lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 7 April 2022 08:37
Ternyata Puasa Bisa Redakan Gejala Asam Lambung Lho!
Salah satu manfaat berpuasa ternyata bisa redakan asam lambung.

Bulan Ramadan merupakan di mana setiap muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Namun, terdapat beberapa kondisi yang dikhawatirkan seseorang jika lanjut berpuasa. Misalnya saja ibu hamil, atau mereka yang mempunyai penyakit asam lambung.

Ternyata, melansir dari Merdeka.com, bukannya bikin parah, puasa malah bisa redakan gejala asam lambung lho!

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Sakit Asam Lambung © Diadona

Hal ini diungkapkan oleh Dr Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK., Pakar Gizi Klinik dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia. Dia menjelasn bahwa puasa bisa redakan asam lamung karena makan jadi teratur, tidak diisi makanan terus.

" Kadang-kadang orang sering timbul asam lambung meningkat, dengan puasa gejala lebih sedikit karena makan jadi teratur, tidak terus menerus diisi dengan makanan," terangnya.

 

2 dari 3 halaman

Namun meski demikian, meski gangguan fungsional asam lambung bisa diatasi dengan baik dengan puasa, gangguan di lambung perlu dikonsultasikan dulu oleh dokter agar puasa jadi nyaman.

" Kalau gangguan fungsional, mungkin asam lambung naik bisa membaik. Tetapi kalau ada gangguan di lambung, mungkin harus diobati dahulu supaya berpuasa lebih nyaman pada saluran cerna, bisa berkonsultasi dengan dokter."

 

Beri Komentar