Salmonella sebabkan Kinder Joy Dihentikan, Penyakit Apa Sih Ini?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 6 April 2022 13:27
Salmonella sebabkan Kinder Joy Dihentikan, Penyakit Apa Sih Ini?
Kinder Joy dihentikan produksi dan pengedarannya karena Salmonella.

Melansir dari Liputan6.com, produk snack Kinder Joy alias snack telur Kinder Surprise terkait dengan 60 lebih kasus keracunan Salmonella, 40 di antaranya menimpa balita. Ferrero, selain perusahan terkait, memutuskan untuk menarik semua produknya dari peredarannya.

Namun, apa sih sebenarnya salmonella ini?

1 dari 4 halaman

Salmonella merupakan nama bakteri yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan jika terkontaminasi. Melansir dari Halodoc, kondisi ini disebut dengan Salmonellosis. Terkontaminasi dengan salmonella bisa melalui makanan atau minuman. Jadil, kondisi ini sangat berkaitan dengan higienitas.

Tingkat risiko bakteri salmonella rentan terhatap mereka yang kurang dari 5 tahun, dan lebih dari 65 tahun. Orang dengan kekebalan tubuh yang lemah juga rentan, serta yang punya riwayat penyakit peradangan usus. Dan lain sebagainya.

 

2 dari 4 halaman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit salmonellosis disebabkan karena makanan atau minuman terkontaminasi bakteri salmonella. Tak hanya itu, salmonellosis juga bisa menularkan ke orang lain.

Adapun gejala yang bisa disebabkan akibat bakteri salmonella ini adalah diare, mual dan muntah, demam, menggigil, keram perut, sakit kepala, dan adanya darah di tinja.

 

3 dari 4 halaman

Dari penjelasan tersebut, pantaslah pihak terkait Kinder Joy menghentikan produk dan pengedarannya untuk sementara. Selain itu, upaya pencegaha bakteri salmonella bisa dengan mencuci bersih bahan-bahan makanan dan alat-alat makan, memasak makanan dan minuman dengan matang, dan selalu mencuci tangan setelah kontak dengan apapun.

Jika mengalami gejala-gejala salmonellosis di atas, segara kunjungi dokter terkait, ya!

Beri Komentar