Tak Bikin Gemuk, Cokelat Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 14 Januari 2021 08:25
Tak Bikin Gemuk, Cokelat Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan
Cokelat bisa jadi makanan yang ampuh untuk menemani dietmu.

Cokelat sering kali disebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena kandungan gulanya. Karena itu tak sedikit yang menghindari makanan ini saat sedang akan menurunkan berat badan atau diet.

Menurut artikel yang diterbitkan oleh Journal of Nutritional Science, cokelat hitam atau dark chocolate mengandung fitonutrien yang disebut flavonoid, merupakan bahan kimia tanaman yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat berperan dalam pencegahan kanker, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan.

Tanaman kakao yang berasal dari cokelat juga mengandung senyawa yang disebut theobromine, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan berpotensi menurunkan tekanan darah. Meskipun cokelat mengandung banyak kalori, para ilmuwan telah menemukan bahwa cokelat hitam (yang mengandung lebih dari 70 persen cokelat) dapat membantu menurunkan berat badan daripada sintesis lemak.

1 dari 3 halaman

Mengurangi Napsu Makan dan Rasa lapar

Ilustrasi Cokelat © Diadona

Manfaat cokelat hitam untuk menurunkan berat badan yang kedua adalah membantu mengurangi rasa lapar serta menurunkan napsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi keinginan makan dan meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Menurut beberapa penelitian yang dilansir dari healthline.com, mengonsumsi cokelat hitam menyebabkan pengurangan asupan makanan yang lebih besar, dibandingkan dengan mengonsumsi cokelat putih dan susu. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana cokelat hitam dapat memengaruhi nafsu makan dan asupan makanan, dibandingkan dengan makanan lain.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Sistem Metabolism

Ilustrasi Cokelat © Diadona

Manfaat cokelat hitam untuk menurunkan berat badan yang keempat adalah meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Cokelat hitam mengandung asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA, yang membantu meningkatkan metabolisme sehingga Anda membakar kalori dalam tubuh dengan lebih cepat.

Sebuah studi yang dilakukan di Queen Margaret University, Inggris, menunjukkan cokelat mempengaruhi cara tubuh dalam mensintesis asam lemak dan mengurangi penyerapan lemak dan karbohidrat.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Sensitivitas Insulin

Ilustrasi Cokelat © Diadona


Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian kecil juga menemukan bahwa cokelat hitam dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Ini dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan gejala seperti peningkatan rasa lapar.

Wah ternyata dark cokelat justru bagus dikonsumsi untuk diet ya. Tertarik untuk mencoba?

Beri Komentar