Minum Kopi Bisa Turunkan Badan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 13 Januari 2021 16:27
Minum Kopi Bisa Turunkan Badan, Mitos atau Fakta?
Ada yang pernah dengar kabar ini? Bener gak sih?

Kopi sudah menjadi salah satu minuman yang paling dicari oleh sebagian besar orang. Dengan kandungan kafeinnya, kopi bisa membuat seseorang bersemangat dan 'melek'. Melakukan suatu pekerjaan rasanya jadi fokus dan maksimal.

Sementara itu, beredar kabar bahwa minum kopi bisa menurunkan berat badan karena kandungan kafeinnya. Namnu, benarkan demikian?

 

1 dari 3 halaman

Ternyata, melansir dari Mayoclinic, minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein nggak bakal membuatmu langsing atau menurunkan berat badan. Sebut saja teh, cola, kakao atau cokelat.

Ilustrasi Minum KopiIlustrasi Minum Kopi © Shutterstock

Tak ada bukti kuat yang menyatakan bahwa kafein bisa menurunkan berat badan secara nyata. Ada beberapa penelitian, namun itu pun dilakukan pada hewan yang berarti hasilnya pun dipertanyakan jika digeneralisasikan terhadap manusia.

 

2 dari 3 halaman

Meskipun nggak bisa menurunkan, minum minuman kafein bisa saja membantu mencegah penambahan berat badan. Sebab, kafein merupakan salah satu hal yang bisa menahan nafsu makan. Rasa lapar pun menjadi berkurang dan keingan untuk makan terus-terusan juga akan berhenti.

memang minum kopi bisa mencegah penambahan berat badan, tetapi bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, hal ini bisa menimbulkan beberapa gangguan seperti mual, insomnia, tekanan darah meningkat, dan lain sebagainya.

 

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Minum KopiIlustrasi Wanita Minum Kopi © Shutterstock

Selain itu, jika ditambahkan susu atau gula, justru bukan mencegah penambahan berat badan. Jika dikonsumsi sering-sering, yang ada malah berat badan bertambah, deh.

Jadi, minuman kafien nggak menurunkan berat badan ya, tapi bisa mencegah penambahan berat badan. Itu pun kalau dikonsumsi dengan benar tanpa adanya campuran 'manis' dan tidak berlebihan.

Beri Komentar