Berapa Lama Sih Waktu Tidur Ideal Buat Lansia?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 12 Januari 2021 16:27
Berapa Lama Sih Waktu Tidur Ideal Buat Lansia?
Sebab semakin bertambahnya umur, jam tidur semakin berkurang.

Tidur merupakan yang sangat penting bagi setiap manusia. Namun kalian sadar nggak sih, jam tidur setiap orang nggak bisa disamaratakan. Sebab, pasti seiring bertambahnya umur, jam tidur akan semakin berkurang. Waktu kecil tidur bisa lama banget. Namun ketika dewasa waktu tidur jadi semakin sedikit.

Itu berarti, masa tualah yang akan terkena dampak. Di masa inilah waktu tidur yang paling sedikit. Namun, berapa lama sih sebenarnya waktu tidur yang ideal buat lansia?

 

1 dari 4 halaman

Melansir dari Sindo News, ternyata berdasarkan keterangan dari Joni Haryanto, seorang dokter Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK), idealnya lansia itu tidur selama 6 jam, itu sudah termasuk siang dan malam alias seharian.

Ilustrasi Lansia TidurIlustrasi Lansia Tidur © Shutterstock

Namun, ia menambahkan bahwa yang terpenting itu jam malam. Sebab, pada umumnya lansia bisa terbangun setiap malam karena gangguan tertentu, seperti kencing berkelanjutan.

 

2 dari 4 halaman

" Kalau hanya 4 jam harus dinaikan, malam an siang. Yang terpenting adalah tidur malam hari. Karena pada saat malam harus buang air kecil, kandung kemih tua selalu ada residu, dampaknya selalu keluar buang air kecil," jelas Joni.

Jika lansia nggak bisa tidur selama 6 jam, ia sudah termasuk mengalami insomnia. Kalau sudah ini, di pagi hari akan merasakan gangguan kesehatan lainnya, seperti tidak enak badan, emosi yang labil, dan lain-lain.

" Gangguan tidur kualitas tidur yang kurang menyebabkan pagi hari badan tidak enak, emosi labil, mudah jatuh, terisis."

 

3 dari 4 halaman

Untuk mengatasi hal tersebut, Joni menyarakan untuk mengonsumsi minuman yang meningkatkan serotonin. Sebab kandungan ini meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Ilustrasi susu veganIlustrasi susu vegan © independent.co.uk

" Ada kandungan nonfarmakologi yang membuat orang tidur itu, misalnya dengan minum teh chamomile atau susu, karena mengandung serotonin sebagai neurohormonal digunakan awal tidur, supaya awal bisa tidur."

 

Beri Komentar