Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Bahaya Vertigo yang Perlu Kamu Waspadai

Reporter : Mila
Jumat, 22 Juli 2022 07:57
Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Bahaya Vertigo yang Perlu Kamu Waspadai
Bisa sampai mengancam nyawa lho!

Vertigo adalah kondisi yang cukup umum dialami, sehingga sering dianggap sepele. Padahal, kalau terjadi cukup parah, vertigo bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan hingga membahayakan diri.

Oleh karena itu, berikut bahayayang bisa disebabkan oleh vertigo. Simak baik-baik ya!

1 dari 7 halaman

Vertigo Bukan Penyakit

Perlu diketahui, vertigo sendiri bukanlah penyakit, melainkan suatu gejala dari beragam kondisi lain. Orang yang mengalami vertigo biasanya mengalami sensasi tubuh goyah, kepala keliyengan , hingga merasa lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Akibatnya, seseorang bisa kesulitan berdiri atau berjalan, bahkan sampai mual dan muntah.

Pada beberapa orang, vertigo hanya terjadi sesekali pada kondisi tertentu. Tapi, ada juga vertigo yang sering kambuh atau bahkan terjadi terus-menerus.

2 dari 7 halaman

Bisa Jadi Masalah Serius

Vertigo biasa terjadi tanpa disadari. Banyak orang yang mengalami kondisi ini mengira bahwa gejala yang dialami adalah sakit kepala biasa.

Nyatanya kondisi ini bisa menimbulkan bahaya tersendiri bagi penderitanya. Vertigo bisa menjadi gejala dari kondisi lain yang lebih serius.

3 dari 7 halaman

Risiko Kecelakaan saat Berkendara

Kalau kamu sering mengalami pusing atau sensasi berputar, ada baiknya berhati-hati saat mengendarai kendaraan sendiri. Kalau vertigo kambuh saat sedang mengendarai kendaraan, kamu mungkin akan kehilangan keseimbangan atau konsentrasi dalam berkendara.

Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang bisa menimbulkan bahaya untuk diri sendiri maupun orang lain.

4 dari 7 halaman

Jatuh karena Kehilangan Keseimbangan

Vertigo memengaruhi kemampuan tubuh dalam menjaga keseimbangan. Maka dari itu, kamu bisa saja terjatuh dan mengalami cedera kalau tidak mampu mempertahankan posisi dan keseimbangan saat sedang kambuh.

5 dari 7 halaman

Mengganggu Aktifitas Harian

Kalau mengalami kekambuhan atau terjadi terus-menerus (kronis), vertigo bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat vertigo kambuh, kamu bisa kesulitan untuk berdiri dan berjalan. Akibatnya, kamu harus membatasi pergerakan dalam melakukan kegiatan.

6 dari 7 halaman

Gangguan Pendengaran

Kekambuhan vertigo juga bisa muncul bersamaan dengan gangguan pendengaran. Gangguan itu di antaranya telinga berdenging, penurunan kemampuan mendengar, dan bahkan kehilangan pendengaran.

7 dari 7 halaman

Gangguan Syaraf

Beberapa gangguan sistem saraf yang bisa memicu vertigo adalah stroke dan tumor otak. Kalau tidak ditangani, kedua kondisi itu bisa menyebabkan cacat permanen dan bahkan membahayakan jiwa.

Jadi, jangan anggap remeh vertigo ya!

Beri Komentar