Pacaran sama Cowok yang Lebih Tua, Bakal Kayak Gimana sih Rasanya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 22 Maret 2024 21:20
Pacaran sama Cowok yang Lebih Tua, Bakal Kayak Gimana sih Rasanya?
Bakal diayomi atau justru nggak bisa bebas?

Bicara soal cinta, kadang kala seseorang bisa menjadi 'buta' kalau udah benar-benar terpikat dengan seseorang. Maka nggak mengherankan, kalau ada batasan-batasan yang seringkali nggak lagi menjadi sebuah halangan.

Seperti perbedaan keyakinan, atau bahkan rentang usia yang berjarak cukup jauh. Kalau udah cinta, semua penghalang itu seolah runtuh dengan sendirinya.

Tanpa disadari, banyak perempuan yang belakangan ini mulai tertarik menjalin hubungan dengan lelaki yang berusia lebih tua. Meski banyak menuai pro dan kontra, ini loh yang sebenarnya terjadi saat perempuan menjalin hubungan dengan pria yang lebih tua.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Pasangan Beda Usia © Diadona

1. Punya Komunikasi yang Sehat

Menjalin hubungan dengan laki-laki yang lebih tua biasanya diuntungkan dalam hal komunikasi. Mereka lebih suka berbagi sekaligus mendengarkan di waktu bersamaan. Bahkan nih, mereka sering mengingat-ingat informasi tertentu yang bisa digunakannya untuk mengejutkan kamu.

2. Lebih Memahami Pasangannya

Biasanya, mereka adalah sosok yang lebih berpengalaman, mengingat usianya yang lebih tua dibanding kamu. Pengalaman inilah yang membuat mereka lebih mudah memahami pasangannya. Meski terkadang masih terpengaruh dengan gaya pacaran sebelumnya, kamu dan dia akan lebih mudah mengkomunikasikan apa-apa aja yang diinginkan dalam hubungan.

2 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona© 2024 shutterstock.com/Q88

3. Lebih Berani Berkomitmen

Perbedaan usia yang agak jauh biasanya membuat si dia lebih memanjakan kamu dengan semua perhatian dan cinta yang mereka miliki. Dan kondisi itu juga yang kadang membuat mereka nggak ragu untuk berkomitmen dengan kamu. Tujuannya emang baik kok. Tapi kalo kamu belum siap, komunikasiin aja deh biar mereka bisa mempertimbangkan pendapatmu.

4. Sopan tapi Kadang Protektif

Mereka punya kesopanan yang nggak perlu diragukan lagi saat memperlakukanmu. Tapi kadangkala, mereka bisa juga kebablasan sampe bersikap terlalu protektif hanya untuk melindungi kamu. Mungkin agak nyebelin sih, jadi kamu perlu mendiskusikan hal-hal apa yang sebenernya menimbulkan ketidaknyamanan bagimu.

3 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona© 2024 shutterstock.com/WHYFRAME

5. Lebih Mudah Mengakui Kesalahan

Ada untungnya kok saat kamu menjalin hubungan dengan laki-laki yang lebih tua. Mereka biasanya adalah sosok yang lebih mudah mengakui kesalahan. Dengan kedewasaan yang dimiliki, mereka nggak akan bertele-tele dan sebisa mungkin berusaha memperbaiki kesalahannya. Tapi tentu aja, dia menuntut hal serupa dari kamu dong.

Walau demikian, namanya juga hubungan, ada beberapa risiko yang muncul karena perbedaan umur kalian, antara lain:

 

4 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona© 2024 shutterstock.com/metamorworks

6. Memungkinkan Sering Terjadi Kesalahpahaman

Ini mungkin bisa menjadi salah satu resiko dari menjalin hubungan dengan pria yang lebih tua, karena perbedaan pola pikirlah yang menjadi faktor kesalahpahaman terjadi. Karena mereka biasanya memiliki nilai dan pandangan yang berbeda dari apa yang kita pikirkan. 

Age gap dalam hubungan dengan pria yang lebih tua seringkali menyebabkan perbedaan visi dan misi hidup, yang kemudian menjadi sumber kesalahpahaman. Terkadang, apa yang kita anggap sebagai hal besar dalam hubungan, bisa dianggap remeh oleh pasangan yang lebih tua dan dianggap nggak perlu untuk dibahas atau dipermasalahkan.

7. Topik Obrolan yang Berbeda

Perbedaan topik obrolan kerap muncul pada pasangan dengan selisih umur yang jauh.  Terkadang topik obrolan yang kita sukai berbeda dengan pasangan kita. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab kesalahpahaman

Tapi walaupun beda usia, ngobrol sama pasangan nggak selalu susah, lho. Kadang mereka punya banyak topik yang menarik, jadi bisa nyambung pembicaraannya sama kita dengan mudah. Yang penting, pasangan kamu suka ngikutin perkembangan terbaru, jadi dia bisa ngobrolin hal-hal yang lagi hits atau sedang ramai dibicarakan.

5 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona© 2024 shutterstock.com/Pond Saksit

8. Ketidakstabilan Emosional

Hal ini terkadang terjadi, dan mungkin menjadi hal yang menonjol terlihat dalam hubungan yang berbeda usia. Ketidakstabilan emosi ini terjadi mungkin karena memiliki masalah emosional atau trauma masa lalu yang belum terselesaikan dari masa lalunya atau dengan hubungan sebelumnya. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan kamu dan menyebabkan kecemburuan, posesif. 

Ketidakdewasaan dalam menghadapi masalah mungkin saja terjadi dalam hubungan, dan hal ini adalah suatu hal yang normal loh. Tergantung bagaimana kita menyikapi atas ketidaksempurnaan itu 

9. Terkadang Manipulatif

Mereka terkadang manipulatif ketika terjadi permasalahan. Mereka akan berdalih atau beralasan ketika permasalahan terjadi, mungkin dengan memainkan kata yang didasarkan dengan “ pengalaman mereka sebelumnya”.

Karena patut kita ketahui bahwa pria yang lebih tua itu mungkin saja sudah lebih banyak pengalaman dalam berhubungan dengan beberapa wanita sebelumnya, atau mungkin bisa kita bilang banyak mantan sebelum kita. 

6 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona© 2024 shutterstock.com/Prostock-studio

10. Banyak Kritik pada Hubungan 

Mungkin kalian akan sering dikritik oleh pasangan atas apa yang kalian lakukan, karena mereka lebih berpengalaman dalam hidup dengan usia yang jauh dengan usia kalian saat ini. Kritik tidak hanya datang dari pasangan kalian, mungkin saja akan sering kritik dan nasihat dilontarkan oleh orang-orang terdekat kalian, mungkin teman, atau keluarga yang kurang menyetujui hubungan kalian dengan pasangan yang berbeda usia yang cukup jauh dengan kalian. 

Tak jarang juga, mungkin hubungan kalian menjadi bahan perbincangan orang lain

11. Jarang Kencan

Biasanya mereka memiliki kesibukan dan rutinitas yang cukup padat, sehingga hal ini menyebabkan kurangnya waktu bersama. Dan seringkali mereka melupakan janji temu bersama pasangan loh. Bahkan hingga jarang kencan bersama pasangan karena banyaknya tanggung jawab yang harus dilakukan, pekerjaan, keluarga, dsb.

Prioritas mereka adalah pekerjaan, dengan pemikiran itu ia lakukan guna kestabilan finansial yang dimiliki. Kenapa begitu? Karena mereka akan memikirkan jangka panjang terkait masa depannya dengan kamu, dia sedang mempersiapkan kehidupan mendatang, sehingga terkadang lupa untuk sekedar meluangkan waktu bersama kamu.

7 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona© 2024 shutterstock.com/Prostock-studio

12. Ketertarikan Fisik Menjadi Pertimbangan Bagi Mereka

Terdapat berbagai sumber yang membicarakan bahwa terkadang pria dengan usia yang lebih matang ini, mereka mencari ketertarikan pada fisik wanita tersebut sebagai poin penting yang dilihat pertama kali pada calon pasangannya. Karena mereka mengharapkan hubungan yang menarik dengan wanita yang menarik secara fisik menurut standar mereka. Tetapi mungkin hal ini bisa berbeda tergantung pada pribadi masing-masing dan apa yang mereka cari ya diazens.

Apakah yang mereka cari hanya pasangan yang bisa dipamerkan pada teman-temannya, ataukah mereka mencari pasangan dengan individu yang berkepribadian menarik, cocok dengan obrolan, sosok ibu bagi anak-anaknya di masa depan

8 dari 8 halaman

Risiko Pacaran dengan Lelaki Lebih Tua © Diadona2024 shutterstock.com/Pond Saksit

Tau ga sih Diazens?

Psikolog Selandia Baru John Money pernah membahas bahwa memang ada istilah kronofilia yakni istilah bagi mereka yang memang memilih preferensi hubungan cinta yang berjarak usia. Bagi mereka, dengan pria lebih tua, mereka akan mendapatkan kebahagiaan dalam hubungan dengan mereka. 

Tapi nyatanya ternyata banyak hal yang harus diperhatikan nih! Salah satunya yakni resiko berpacaran dengan pria yang lebih tua, seperti beberapa poin yang udah Diadona jelaskan di atas.

Nah itu dia beberapa hal yang akan kamu rasakan saat berhubungan dengan lelaki yang lebih tua dari usiamu. Gimana, masih tertarik mencoba atau justru cari yang lain aja?

Penulis : Olivia Lidya, Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar