Perut Terasa Mulas tapi Tidak Ingin BAB? Ini 5 Kondisi yang Mungkin Jadi Penyebabnya!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 19 Juli 2022 07:57
Perut Terasa Mulas tapi Tidak Ingin BAB? Ini 5 Kondisi yang Mungkin Jadi Penyebabnya!
Pasti kalian pernah mengalaminya kan?

Rasa mulas muncul akibat pergerakan usus dan biasanya baru membaik setelah kamu buang air besar (BAB). Tapi, ternyata ada lho beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebab perut mulas tapi tidak disertai BAB.

Perut yang mulas tanpa disertai BAB bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perubahan pola makan hingga penyakit pada sistem pencernaan. Berikut berbagai kondisi yang perlu kamu waspadai:

1 dari 6 halaman

Perubahan Pola Makan

Kalau kamu lebih sering mulas dari biasanya, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup atau pola makan. Pada kasus seperti ini, bukan makanan yang menjadi penyebab sembelit, melainkan pilihan makanan yang tidak memenuhi gizi seimbang.

Agar lebih lancar, isilah menu harian dengan makanan sehat yang beraneka ragam.

2 dari 6 halaman

Sembelit

Sembelit sendiri bukan suatu penyakit, melainkan kondisi yang menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan. Faktor utama penyebab sembelit ialah melambatnya gerak feses di dalam usus sehingga feses lama-kelamaan menjadi keras.

Sembelit bisa bertambah parah akibat kurangnya asupan air dan makanan berserat, penyakit pencernaan tertentu, dan kebiasaan menunda BAB.

3 dari 6 halaman

Sindrom Usus Malas

Sindom usus malas adalah gangguan pada usus yang menyebabkan sakit perut dan sembelit kronis (berkepanjangan). Berkurangnya gerak usus besar menjadi penyebab perut mulas tapi tidak BAB pada orang-orang yang mengalami sindrom ini.

4 dari 6 halaman

Hormon Estrogen Tidak Seimbang

Sebuah penelitian dalam The Korean Journal of Physiology & Pharmacology, mengaitkan rasa mulas ini berkaitan dengan hormon estrogen.

Estrogen memperlambat proses pengosongan lambung sehingga feses lebih lama berada di dalam usus besar. Hormon estrogen juga membuat otot dasar panggul menjadi lebih lemah sehingga usus lebih sulit mendorong feses keluar dari tubuh.

5 dari 6 halaman

Pseudo-obstruksi Usus

Pseudo-obstruksi usus, yakni kondisi langka dengan gejala yang mirip dengan penyumbatan usus. Untuk mendiagnosis pseudo-obstruksi usus, dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik dan rontgen untuk memastikan bahwa kamu tidak mengalami penyumbatan usus.

6 dari 6 halaman

Tips Melancarkan BAB

Berikut beberapa tips yang bisa kamulakukan untuk melancarkan buang air besar:

  • Makan makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.
  • Minum lebih banyak air putih.
  • Tidak menunda BAB atau menahan BAB berhari-hari.
  • Sebisa mungkin, berupaya BAB pada jam yang sama setiap hari.
  • Berolahraga rutin, setidaknya 30 menit sehari sebanyak tiga kali seminggu.
  • Mengelola stres dengan sebaik mungkin.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar