Wanita dengan Rambut Tubuh Lebat Punya Nafsu yang Tinggi, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 20 Juli 2022 07:57
Wanita dengan Rambut Tubuh Lebat Punya Nafsu yang Tinggi, Mitos atau Fakta?
Bener gak sih?

Apakah kamu termasuk orang yang punya bulu lebat di beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki? Banyak beredar anggapan bahwa wanita berbulu lebat punya gairah seksual yang tinggi.

Wanita yang punya banyak bulu bisa menandakan suatu kondisi medis yang disebut hirsutisme. Hirsutisme adalah salah satu gejala PCOS atau sindrom ovarium polikistik, yaitu suatu gangguan keseimbangan hormon wanita.

Melansir Reproductive Facts, PCOS membuat ovarium memproduksi androgen dalam jumlah berlebih dan menjadi penyebab paling umum wanita berbulu lebat hingga 10 persen. Meski begitu, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan wanita berbulu lebat, seperti:

1 dari 6 halaman

Sindrom Cushing

Sindrom cushing terjadi ketika tubuh terpapar hormon kortisol tingkat tinggi. Paparan itu bisa berkembang dari kelenjar adrenal yang membuat terlalu banyak kortisol atau akibat minum obat, seperti prednison, dalam waktu lama.

2 dari 6 halaman

Peningkatan Hormon Laki-laki

Kondisi bawaan ini ditandai dengan produksi hormon steroid yang tidak normal, termasuk kortisol dan androgen, oleh kelenjar adrenal.

3 dari 6 halaman

Pengaruh Obat-obatan

Beberapa obat bisa menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut, termasuk obat yang mengandung kortisol dan sejumlah alat kontrasepsi.

4 dari 6 halaman

Menopause

Selama fase menopause, ovarium berhenti memproduksi hormon estrogen, tapi terus memproduksi androgen. Hal itu menyebabkan peningkatan jumlah rambut, terutama di wajah.

5 dari 6 halaman

Rambut/bulu Lebat = Libido Tinggi?

Hormon androgen pada wanita, seperti testosteron, diproduksi secara alami di kelenjar adrenal. Selain fungsi libido (gairah seksual) dan agresivitas, testosteron juga memengaruhi pertumbuhan rambut halus di kelamin, perkembangan otot, endapan lemak di sekitar pinggang, dan fungsi otak.

Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa testosteron pada pria sama sekali tidak berhubungan dengan libido atau gairah seks.

Sementara, wanita sehat dengan testosteron tinggi akan punya minat yang lebih besar untuk masturbasi dibandingkan ketika berhubungan seks dengan pasangannya. Ini artinya, wanita yang berbulu lebat akibat tingginya kadar testosteron mungkin saja memiliki gairah seksual yang lebih tinggi.

6 dari 6 halaman

Ditambah, studi dalam jurnal Archives of Sexual Behavior juga menemukan bahwa memberikan hormon testosteron tambahan pada wanita terkadang akan meningkatkan nafsu atau libidonya untuk sementara.

Meski begitu, studi-studi tentang hal ini tidak lantas bisa dijadikan landasan sains yang saklek. Jadi, tidak semua wanita dengan bulu lebat pasti punya nafsu seks yang tinggi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar