Sama-Sama Bisa Melembapkan Kulit, Boleh Gak Sih Pakai Body Lotion untuk Wajah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 3 Februari 2022 17:03
Sama-Sama Bisa Melembapkan Kulit, Boleh Gak Sih Pakai Body Lotion untuk Wajah?
Aman nggak sih kalau body lotion untuk melembapkan wajah?

Body lotion adalah satu perawatan kulit yang penting untuk digunakan sehari-hari. Selain membuat kulit terasa lebih lembut dan halus, menghirup aromanya yang beraneka ragam juga bisa membuat rileks. Namun ketika pelembap wajah sudah habis, bolehkah pakai body lotion di muka untuk saat darurat seperti ini? Toh, sama-sama bisa melembapkan kulit kan?

Melansir dari laman Hellosehat, cara ini justeru harusnya dihindari lho! Kenapa ya?

1 dari 5 halaman

Perbedaan pada kulit wajah dan tubuh

Ilustrasi Body LotionIlustrasi Body Lotion © shutterstock.com/g/ikrolevetc

Kulit wajah dan tubuh memiliki tekstur yang berbeda. Sehingga membutuhkan formula produk yang berbeda pula untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kulit. Kulit di wajah jauh lebih tipis dan halus dibandingkan kulit tubuh. Sebum yang dihasilkan kulit wajah juga jauh lebih banyak dibandingkan kulit wajah.

pH, suhu, kapasitas kehilangan air, dan aliran darah pada kulit wajah dan tubuh juga berbeda. Kulit wajah lebih banyak terkena sinar UV berbahaya dan kondisi yang lebih keras. Sehingga perlu dimanjakan secara berbeda.

2 dari 5 halaman

Formula body lotion dan moisturizer berbeda

Ilustrasi menggunakan pelembabIlustrasi menggunakan pelembab © freepik.com/ jcomp

Dengan target tekstur dan kebutuhan kulit yang berbeda otomatis formula yang dihasilkan oleh body lotion dan moisturizer pun juga berbeda. Body lotion mengandung bahan kimia keras yang mungkin merusak kulit.

Selain itu, body lotion memiliki konsistensi yang lebih kental. Ia akan menambahkan kelembapan pada kulit dan memiliki bahan kimia yang mampu menyegel kelembapan kulit. Sementara di pelembap wajah memiliki fungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit dan anti aging.

3 dari 5 halaman

Dapat menyebabkan masalah kulit

Kulit wajah menghadapi lebih banyak masalah, seperti jerawa, komedo, dan noda. Sehingga kulit wajah membutuhkan produk non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Selain lebih tebal, body lotion memiliki lebih banyak aroma dan bahan kimia yang lebih keras di dalamnya. Bukan tidak mungkin pori-pori bisa tersumbat. Dengan bahan kimia yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit wajah.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Pelembab WajahIlustrasi Pelembab Wajah © 2020 https://www.diadona.id

Pelembap wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari. Mengapa begitu? Pelembap wajah berfungsi sebagai pelindung bagi kulit, agar kulit wajah kamu tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Namun, bagaimana cara memilih pelembab yang sehat untuk kulit, dan tidak akan malah menimbulkan masalah? Berikut panduan lengkapnya:

  • Sesuaikan dengan jenis kulit. Kamu harus mengenal jenis kulit kamu terlebih dulu untuk memastikan bahwa pelembab yang kamu gunakan memang sesuai dengan kebutuhan.
  • Perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah membaca baik-baik label pada kemasan produk kamu. Pelembab yang baik adalah pelembab yang dapat melindungi kulit dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.
  • Pakai pelembap dengan benar. Selalu pakai pelembab setelah wajah kamu dalam keadaan bersih.

Beri Komentar