Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Senyum untuk Kesehatan

Reporter : Mila I
Kamis, 3 Februari 2022 07:57
Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Senyum untuk Kesehatan
Mulai sekarang perbanyak senyum ya!

Kamu pernah gak sih mendengar kutipan 'life is like a mirror, smile at it and it smiles back at you' alias hidup ini akan terasa hambar tanpa ada senyuman?

Contohnya, saat bertemu dengan orang pertama kali, senyuman menjadi ekspresi penting untuk menampilkan kesan yang baik. Di segala situasi pun, tersenyum bisa membuat semua jadi lebih baik.

Penelitian dari Scientific American juga menemukan bahwa ekspresi wajah, seperti tersenyum bisa meningkatkan mood dan pikiran positif. Selain itu, tersenyum juga bermanfaat untuk kesehatan lho!

1 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Tersenyum © Diadona

Tersenyum membantu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Studi yang diungkapkan dalam The College of Family Physicians mengatakan, tersenyum hingga tertawa menyebabkan peningkatan langsung dalam detak jantung dan konsumsi oksigen, yang diikuti dengan relaksasi otot, penurunan denyut jantung, dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Senyuman memicu reaksi kimia di otak dan melepaskan hormon-hormon tertentu yang berkaitan dengan tingkat stres seseorang.

“ Tersenyum bisa melepas hormon dopamin untuk meningkatkan perasaan bahagia. Pelepasan serotonin juga dikaitkan dengan berkurangnya tingkat stres,” ungkap Dr. Isha Gupta, ahli saraf dari IGEA Brain and Spine.

3 dari 6 halaman

Merasa Lebih Dihargai

Manfaat Tersenyum © Diadona

Melansir Psychology Today, ketika tersenyum maka hal tersebut akan membuat orang-orang memperlakukanmu secara berbeda. Kamu akan dipandang sebagai seseorang yang lebih menarik dan tulus.

Wajah yang tersenyum akan mengaktifkan orbitofrontal cortex atau bagian di otak yang memproses sensorik. Hal ini menunjukkan bahwa ketika melihat seseorang tersenyum, maka ia akan merasa dihargai.

4 dari 6 halaman

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Tersenyum hingga tertawa juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik. Tersenyum bisa meningkatkan sel kekebalan tubuh dan antibodi penangkal infeksi, yang akhirnya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala jenis penyakit.

5 dari 6 halaman

Lebih Awet Muda

Manfaat Tersenyum © Diadona

Usia akan terus bertambah, tapi sebaiknya hal tersebut tidak melunturkan senyum di wajah.

Studi dari Psychology and Aging mengungkapkan, saat seseorang tersenyum maka ia akan terlihat lebih awet muda dibandingkan orang dengan ekspresi netral atau marah.

Beri Komentar