Benarkah Daun Sirih Efektif untuk Pengobatan Asma?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 2 Februari 2022 17:27
Benarkah Daun Sirih Efektif untuk Pengobatan Asma?
Katanya sih kalau asma minum rebusan daun sirih. Benar nggak ya~

Asma merupakan kondisi yang diidap banyak orang. Melansir dari Hello sehat, sekali terkena asma, ternyata tidak disembuhkan. Meski demikian, gejala asma bisa dikurangi dan dikelola agar tidak semakin parah alias membaik.

Mengenai pengobatan asma sendiri banyak yang dilakukan dengan cara alternatif. Kabarnya yang sering beredar sih dengan minum rebusan daun sirih. Benarkah efektif untuk pengobatan asma?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Daun Sirih © Diadona

Ternyata, daun sirih memang bisa menjadi alternatif pengobatan asma, dan sudah lama dilakukan sejak zaman dulu. Bukti ilmiahnya terbit pada tahun 2020 di jurnal Phytotherapi research yang menyebutkan bahwa ekstrak daun sirih baik untuk pengobatan batuk pilek, dan juga asma.

 

2 dari 4 halaman

Khasiatnya ternyata kemungkinan besar berasal dari aktivitas antibakteri, analgisek, dan juga antiradang pada daun sirih. Meski demikian, penelitian mengenai efek daun yang disebut dengan Pipe betle L ini terhadap pengobatan asma masih terbatas.

Oleh karena itu, konsumsi daun sirih harus benar-benar cermat. Sebab efek samping yang dirasakan nantinya belum diketahui secara pasti. Takutnya, ada efek tertentu yang timbul meski asma membaik.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Daun Sirih © Diadona

Untuk itu, perlu dikonsultasikan dengan dokter terkait. Apakah tubuh aman jika mengkonsumsi daun sirih? Jika iya, seberapa banyak rebusan daun sirihnya dalam sehari? Serta kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi daun sirihnya?

Beri Komentar