Pita Suara Judika Rusak karena Sering Nyanyi, Apa Saja Efeknya Bagi Kesehatan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 7 Desember 2022 15:03
Pita Suara Judika Rusak karena Sering Nyanyi, Apa Saja Efeknya Bagi Kesehatan?
Tak cuman bagi penyanyi, kerusakan pita suara bisa dialami oleh siapa saja.

Judika menjadi sosok yang dikenal gemar bernyanyi. Bahkan, saat berbicara ia sering kali menggunakan nada sehingga memakai suaranya terus-menerus. Namun, rupanya kebiasaan Judika ini memberikan dampak yang kurang baik. Pasalnya, baru-baru ini Judika mengalami gangguan pada pita suaranya. Hal tersebut yang membuat pelantun lagu Mama Papa Larang ini diharuskan vakum untuk sementara waktu.

1 dari 6 halaman

Berdasarkan keterangannya, hal yang menyebabkan gangguan pita suara ini karena Judika tidak beristirahat selama dua bulan. Ia memaksakan suaranya untuk terus tampil, bahkan dalam kondisi sakit.

Kondisi pita suaranya yang mengalami gangguan itu, membuat Judika harus mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Ia juga mengonsumsi obat herbal yang terbuat dari rempah-rempah.

2 dari 6 halaman

Masalah yang dialami Judika ini memang bisa saja terjadi pada siapa saja. Bahkan, ketika mengenakan teknik yang baik jika pita suara digunakan terus-menerus juga dapat berdampak buruk. Lalu apa dampak yang ditimbulkan dari bernyanyi secara berlebihan?

Melansir laman ENT Specialist, menggunakan suara untuk bernyanyi dalam waktu yang lama dapat memberikan dampak buruk. Bernyanyi secara berlebihan akan dapat membuat pita suara menjadi bengkak.

3 dari 6 halaman

Selain itu, seseorang juga berisiko mengalami nodul atau polip pada pita suaranya. Bahkan jika tidak diperhatikan kondisinya bisa menyebabkan pendarahan pada pita suara. Hal ini bisa membuat seseorang harus melakukan proses pembedahan. Apalagi, jika tidak diobati dapat membuat seseorang sulit berbicara.

Untuk itu, bagi para penyanyi penting untuk melakukan perawatan pada pita suara dan tidak menggunakannya berlebihan. Terdapat beberapa cara juga untuk merawatnya di antaranya sebagai berikut.

4 dari 6 halaman

  • Tetap terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu menjaga suara. Hal ini karena tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Oleh sebab itu, penyanyi harus selalu membawa botol air dan sering minum saat tampil.

  • Tidur yang cukup

Istirahat juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk menjaga pita suara. Setelah bernyanyi itu akan menguras energi termasuk pita suara. Dengan tidur, itu akan membantu memulihkan kembali pita suara dan memberikan energi.

5 dari 6 halaman

  • Segera obati ketika ada masalah

Jika ada masalah seperti alergi yang parah dan mengganggu pita suara, diharapkan untuk segera mengobatinya. Selain itu, masalah lain yang sering muncul yaitu refluks asam. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik dan memengaruhi pita suaranya. Jika hal ini terjadi, penting untuk segera diobati agar kerusakan tidak semakin parah.

  • Lakukan pemanasan

Pemanasan akan membuat vokal menjadi lebih fleksibel ketika bernyanyi. Hal ini juga membuat seseorang terhindar dari kerusakan parah saat bernyanyi. Oleh karena itu, penting melakukan pemanasan agar pita suara selalu terawat dengan baik.

Beri Komentar