Katanya Bawang Putih Bisa Hilangkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 2 Desember 2022 19:03
Katanya Bawang Putih Bisa Hilangkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
Kira-kira beneran nggak sih ini?

Di media sosial, banyak orang membagikan pengalamannya menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Salah satunya, video seorang beauty vlogger yang menceritakan eksperimennya menggunakan bawang putih untuk obat jerawat alami.

Ia memotong dan menghaluskan bawang putih yang banyak mengandung senyawa antioksidan dan zat antiperadangan itu. Kemudian ia mengoleskannya di bagian kulit wajah yang berjerawat. Keesokan harinya, ia menunjukkan klaim jerawatnya kempes dan sudah sembuh dalam waktu semalaman.

Lantas, apakah bawang putih bisa benar-benar ampuh menghilangkan jerawat dalam waktu semalam? Simak penjelasan dokter berikut ini.

1 dari 4 halaman

Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat?

Ilustrasi Bawang PutihIlustrasi Bawang Putih © pexels.com

Dokter Spesialis Kulit Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV tidak menganjurkan bawang putih untuk obat jerawat alami. Pasalnya, menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat justru berisiko membahayakan kulit.

“ Efeknya di muka jadi muncul kayak luka bakar karena pakai bawang putih,” jelas dokter yang akrab disapa Rani ini, seperti dilansir dari Antara.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bawang PutihIlustrasi Bawang Putih © unsplash.com/Shelley Pauls

Meskipun ada kandungan antioksidan dan antiperadangan yang diperlukan untuk menghilangkan jerawat, Rani menjelaskan, bawang putih memiliki sifat dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan luka bakar kimiawi. Rani menyebutkan, menghilangkan jerawat dengan bawang putih justru bisa memperparah masalah kulit ini.

“ Coba deh gigit bawang putih mentah, itu pedas. Karena sifatnya iritatif. Kebanyang dong kalau bawang putih diulek, masih fresh, lalu diletakkan di muka. Bisa luka bakar kimiawi. Jadi bisa mengakibatkan kulit kemerahan bahkan hingga berlubang,” jelas Rani.

3 dari 4 halaman

Menurur Rani, luka bakar kimiawi efek bawang putih untuk jerawat atau perawatan wajah lainnya bisa meninggalkan bekas yang susah dihilangkan.

“ Bukannya ngobatin justru tambah rusak. So, jangan dicoba ya. Nanti ending-nya lebih repot ngilangin bekas bawang putihnya daripada jerawatnya itu sendiri,” ujar Rani.

Setelah menyimak penjelasan dokter terkait apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat di atas, jangan sembarangan menggunakan obat jerawat alami lagi.

Beri Komentar