Penting Banget, Ini 8 Tips Saat Terpaksa Begadang

Reporter : Mila
Selasa, 6 Desember 2022 06:57
Penting Banget, Ini 8 Tips Saat Terpaksa Begadang
Boleh nih diterapkan kalau lagi kepepet banget.

Begadang adalah kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, tapi masih sering dilakukan. Menariknya, ada beberapa tips begadang yang bisa diterapkan saat terpaksa atau kepepet untuk mengurangi efek buruknya.

Apa saja? Langsung simak ya!

1 dari 6 halaman

Konsumsi Kafein

Konsumsi kafein bisa membantumu terjaga pada malam hari. Tapi, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Studi dalam National Academies Press menyebut, batas maksimal konsumsi kafein yaitu 600 mg per hari. Konsumsinya secara wajar bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan bekerja.

Sementara itu, konsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Tak hanya membuat sulit berkonsentrasi, kamu juga berpotensi mengalami gejala kecemasan.

2 dari 6 halaman

Membiasakan Waktu Tidur Baru

Agar bisa terjaga pada malam hari, cobalah untuk mengubah waktu tidur. Terlebih, kalau kamu lebih sering beraktivitas pada malam dibandingkan siang hari.

Biasakan untuk tidur di siang hari dalam ruangan yang gelap dan tidak ada cahaya. Kamu juga bisa menggunakan penutup mata supaya lebih membantu.

Awalnya mungkin akan terasa sulit. Tapi, seiring waktu berjalan dan latihan, tubuh akan terbiasa dan begadang pun menjadi lebih sehat.

3 dari 6 halaman

Tidur Siang

Kalau kamuhendak tidur lebih malam, pastikan untuk tidur siang terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu untuk terjaga lebih lama pada malam hari.

Tidak perlu terlalu lama, cukup sempatkan waktu selama 15 hingga 20 menit saja untuk tidur siang. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih segar dan siap beraktivitas di malam hari.

4 dari 6 halaman

Konsumsi Camilan Tinggi Protein

Tubuh perlu sesuatu untuk dibakar agar bisa terjaga sepanjang malam. Sebagai solusinya, kamu bisa memakan camilan sehat.

Jangan memilih makanan seperti cokelat, permen, atau junk food. Gula dan karbohidrat pada makanan tersebut memang bisa memberi tenaga ekstra, tapi tidak akan bertahan lama.

Pilih camilan yang bisa memberikan energi tahan lama seperti:

  • protein shakes,
  • greek yogurt dengan topping buah-buahan, atau
  • irisan apel yang dioles selai kacang.

5 dari 6 halaman

Nyalakan Lampu yang Terang

Ruangan yang gelap memberi isyarat pada otak dan tubuh untuk melepaskan hormon melatonin. Hormon ini membuat kamu merasa mengantuk.

Menurut studi American Journal of Physiology, disebutkan bahwa memakai lampu terang malam hari dan membuat ruangan gelap saat siang membantu mengatur ulang ritme sirkadian.

Dengan begitu, tubuh akan terbiasa untuk tidur di siang hari dan beraktivitas pada malamnya. Dalam memilih lampu, pilih produk dengan sinar cahaya yang merata ke seluruh ruangan.

Beri Komentar