Pilek Bisa Disembuhkan Tanpa Obat, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 21 Desember 2021 07:03
Pilek Bisa Disembuhkan Tanpa Obat, Mitos atau Fakta?
Ternyata begini lho jawabannya.

Saat musim hujan tiba seperti saat ini, tubuh jadi mudah terserang virus dan penyakit. Dan seperti sudah menjadi hal biasa, biasanya banyak orang akan terkena batuk dan pilek bersamaan dengan munculnya musim hujan.

Saat banyak orang terkena batuk dan pilek, muncul juga anggapan bahwa dua penyakit ini bisa sembuh sendiri tanpa bantuan obat. Kira-kira beneran nggak sih?

1 dari 5 halaman

ilustrasi sakit flu © Diadona

Batuk pilek atau common cold, yang dikenal juga dengan selesma, adalah infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan.

Infeksi virus yang menyebabkan batuk pilek dapat menyebar secara langsung lewat percikan lendir dari saluran pernapasan penderita, ataupun secara tidak langsung melalui tangan. Batuk pilek bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit Flu © Diadona

Batuk pilek (common cold) dan flu merupakan dua penyakit yang berbeda, namun sering kali dianggap sama karena kemiripan gejala yang ditimbulkan. Perbedaan dari keduanya adalah virus yang menjadi penyebabnya serta gejala yang menyertainya.

Lalu benrkah dua penyakit ini bisa sembuh tanpa bantuan obat?

3 dari 5 halaman

ilustrasi flu pilek demam © Diadona

Dikutip dari laman Health Kompas.com, pilek merupakan flu ringan yang bisa sembuh tanpa perawatan khusus maupun konsumsi obat. Ini karena infeksi yang terjadi masih bersifat ringan, sehingga pengidapnya hanya perlu beristirahat untuk memulihkan tubuh.

Pilek juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan banyak minum air putih. Saat terserang flu, kamu hanya perlu mengembalikan kondisi tubuh dengan banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi, banyak makan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, dan istirahat yang cukup.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Flu © Diadona

Adapun contoh perawatan rumahan yang efektif mengurangi gejala pilek, yakni:

  • Menggunakan air garam hangat.
  • Perbanyak minum air putih hangat.
  • Mengoleskan balsem di bawah lubang hidung.
  • Tidur dengan bantal ekstra di bawah kepala.

Biar enggak gampang kena pilek, mungkin kamu perlu konsumsi vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin olahraga, dan istirahat yang cukup juga ya!

Beri Komentar