Nikmati Sih, Tapi Minum Kopi sambil Ngerokok Bisa Berakibat Fatal lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 19 Desember 2021 08:27
Nikmati Sih, Tapi Minum Kopi sambil Ngerokok Bisa Berakibat Fatal lho!
Udah sering banget nih lihat kebiasaan ngerokok sambil ngopi~

Merokok sambil minum kopi seperti sebuah budaya yang susah untuk dihilangkan. Seakan-akan merokok dan kopi itu pasangan yang begitu serasi. Dua hal tersebut adalah dua kombinasi yang sempurna bagi mereka yang menikmatiknya. Namun, apakah mengonsumsi rokok dan minum secara bersamaan itu adalah hal yang aman?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Ternyata melansir dari Klikdokter.com, minum kopi sambil ngerokok bisa berbahaya bange, nih. Rokok mempunyai kandungan nikotin, sedangkan kopi punya kandungan kafein. Keduanya bisa menimbulkan kekakuan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

“ Kalau dikonsumsi bersamaan, bisa berbahaya bagi jantung. Ini karena kandungan nikotin dalam rokok bisa meningkatkan kerja jantung jadi lebih cepat, sedangkan kafein pada kopi pun sama. Lalu, keduanya juga bisa menimbulkan hipertensi,” jelas dr. Arina Heidyana.

 

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Rokok © Diadona

Selain itu, ada sebuah penelitian dari Charalambos Vlachopoulos, MD, dan penelitian lain dari Departemen Kardiologi Athens Mediccal Shool, bahwa kandungan kafein dan nikotin yang dikonsumsi secara bersamaan bisa membuat efek negatif pada jantung.

Tak hanya penyakit jantung dr. Alvin Nursalim, SpPD, spesialis Penyakit Dalam, juga mengatakan bahwa beberapa penelitian lain mengungkapkan bahwa kedua hal tersebut (rokok dan kopi) juga bisa mengakibatkan kenaikan tekanan darah.

 

3 dari 4 halaman

" Sebenarnya, kopi mengandung kafein yang bila diminum tanpa rokok pun memang punya efek stimulasi. Jadi, tidak harus kombinasi baru timbul efeknya. Sama dengan rokok, yang memang tidak baik untuk kesehatan karena meningkatkan risiko sakit paru dan pembuluh darah. Efek ini independen terhadap konsumsi kopi,” ungkapnya.

Kopi memang mempunyai manfaat tertentu untuk kesehatan bila dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Namun jika dikonsumsi dengan rokok, bisa-bisa manfaat kopi tersebut akan hilang dan malah menyebabkan risiko penyakit yang mematikan.

Beri Komentar