Jangan Keseringan Overthinking, Dampak Buruknya bisa Fatal lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 18 Desember 2021 08:27
Jangan Keseringan Overthinking, Dampak Buruknya bisa Fatal lho!
Siapa nih yang dikit-dikit overthinking~

Salah satu istilah yang tidak asing sekarang ini adalah overthinking. Ya, istilah ini digunakan untuk mereka yang memikirkan segala sesuatu yang berlebihan. Penyebabnya bisa banyak hal, namun umumnya karena terlalu khawatir terhadap apapun, bahkan masalah yang sepele.

Memang overthinking ini adalah salah satu kehati-hatian. Namun meski demikian, tetap saja merupakan kebiasaan yang tidak baik. Bahkan dari Alodokter, overthinking bisa berdampak buruk pada kesehatan, bahkan mengancam jiwa lho!

 

1 dari 6 halaman

Emosi Tak Terkontrol

Ilustrasi Wanita Overthinking © Diadona

Memikirkan sesuatu dengan matang memang perlu, namun jika overthinking beda cerita. Kalau overthinking, emosi di sini dilibatkan, dan juga sering overthinking emosi jadi malah tak terkontrol. Bisa-bisa jadi mudah panik, marah, insecure, dan lain sebagainya.

 

2 dari 6 halaman

Kegiatan Sehari-Hari Terganggu

Overthinking merupakan mengkhawatirkan seuatu dengan berlebihan. Hal ini tentu membuang-buang waktu dan membuat capek serta lelah. Bahkan overthinking bisa membuat orang jadi susah tidur di malam hari karena terlalu mengkhawatirkan sesuatu. Jika sering demikian, tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari ke depannya, nih.

 

3 dari 6 halaman

Performa Kerja Turun

Ilustrasi Wanita Overthinking © Diadona

Nggak konsen, badan nggak fit, sehingga overthinking hanya akan mengganggu performa kerja seseorang. Bahkan statement ini ada penelitiannya loh. Dilakukan kepada para atlet, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kebiasaan overthinking bisa menurunkan performa tampil jika dibandingkan kepada mereka yang tidak overthinking.

 

4 dari 6 halaman

Ancam Jiwa karena Gangguan Kesehatan

Ilustrasi Wanita Overthinking © Diadona

Siapa bilang overthinking hanya mengganggu kesehatan mental? Overthinking juga bisa mengganggu kesehatan fisik, seperti sakit kepala, nyeri dada, sesak napas, bahkan demam dan lainnya. Malahan, overthinking bisa meningkatkan risiko diabetes, stroke, dan serangan jantung!

Banyak faktor sih, salah satunya adalah kebiasaan hidup yang jadi tidak sehat karean overthinking. Misalnya aja karena overthinking, emosi jadi tidak terkontrol, yang akhirnya melampiaskannya dengan makanan tak sehat dan minum alkohol.

 

5 dari 6 halaman

Selain membuang-buang waktu, faktanya overthinking mengganggu kesehatan mental dan fisik bahkan sampai bisa mencanjam jiwa. Memikirkan sesuatu dengan matang memang penting, tapi berilah batasan waktu dan segera ambil keputusan.

Kamu juga bisa memberikan jeda dengan mengistirahatkan pikiran dengan melakukan hobi kami seperti bermain game, olahraga, baca buku, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar