Minum Air Perasan Lemon Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 31 Agustus 2022 20:03
Minum Air Perasan Lemon Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?
Benenran nggak sih ini?

Air perasan lemon adalah salah satu pelengkap yang sering digunakan bersama minuman yang lainnya, seperti teh, infused water, hingga cocktail. Nggak hanya membuat minuman terasa lebih segar, ternyata air perasan lemon juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh dan salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Lalu, apakah benar bahwa minum air perasan lemon berguna untuk menurunkan berat badan? Berikut faktanya.

1 dari 6 halaman

lemonlemon © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Banyak yang percaya bahwa minum air lemon bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Healthline menjelaskan bahwa lemon sering dikatakan sebagai buah yang bisa menurunkan berat badan karena kandungan pektin yang merupakan serat larut di dalam buah.

Ketika seseorang mengonsumsi buah yang kaya akan pektin, maka pektin akan mengembang di dalam perut dan memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Namun sayangnya, manfaat ini hanya didapatkan ketika lemon dikonsumsi langsung dan air lemon tidak mengandung pektin sehingga tidak memberikan manfaat yang sama.

2 dari 6 halaman

Meskipun begitu, air lemon masih dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan karena kandungan nutrisi lain yang dimilikinya, khususnya adalah polifenol. Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari Jepang yang terbit pada Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition di tahun 2008.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan polifenol di dalam lemon yang dikonsumsi oleh tikus bisa menekan penambahan berat badan dan lemak tubuh. Meskipun begitu, penelitian ini hanya dilakukan kepada tikus sehingga manfaatnya untuk manusia masih diperdebatkan.

Meskipun minum air lemon belum bisa dibuktikan bisa membantu dalam menurunkan berat badan, ada beberapa cara yang direkomendasikan oleh Healthline untuk mengambil manfaatnya, seperti:

3 dari 6 halaman

Mencampurkan air dengan perasan lemon

Ilustrasi Jus LemonIlustrasi Jus Lemon © 2019 https://www.diadona.id / @pixabay

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengambil manfaat dari lemon adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan air. Meskipun tidak secara langsung bisa membantu dalam menurunkan berat badan, Healthline menyebutkan bahwa minum air dengan campuran lemon bisa menjadi alternatif untuk menggantikan jenis minuman lainnya.

Dengan beralih ke air campuran lemon, maka asupan kalori per hari bisa ditekan dan bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

4 dari 6 halaman

Mencampurkan lemon dengan teh hijau

Teh hijau sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis teh yang bermanfaat untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Menurut salah satu penelitian dari Cina pada Jurnal Clinical Nutrition di tahun 2016 menemukan bahwa 115 wanita yang minum ekstrak teh hijau selama 12 minggu mengalami pengurangan berat badan, indeks massa tubuh, dan lemak perut.

Meskipun penelitian manfaat air lemon untuk menurunkan berat badan pada manusia sangat kurang, mencampurkannya dengan teh dipercaya bisa cukup membantu dalam menurunkan berat badan.

5 dari 6 halaman

Minum air lemon sebelum makan

Menurut penelitian dari Prancis pada European Journal of Nutrition di tahun 2022, asam sitrat yang terkandung di dalam lemon bisa membantu asam lambung untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

Healthline juga menggarisbawahi bahwa minum air lemon sebelum makan bisa membuat makanan dicerna lebih baik oleh saluran pencernaan sehingga makanan tidak menumpuk dan menyebabkan berat badan bertambah.

Beri Komentar