Masih Sering Bikin BIngug, Boleh ak Sih Minum Antibiotik Bersamaan dengan Parasetamol?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 29 Agustus 2022 10:03
Masih Sering Bikin BIngug, Boleh ak Sih Minum Antibiotik Bersamaan dengan Parasetamol?
Kirak-kira aman nggak ya buat kesehatan?

Saat telah diberi resep antibiotik, seringkali sulit untuk mengetahui obat penghilang rasa sakit apa yang dapat digunakan. Parasetamol adalah salah satu obat penghilang rasa sakit yang paling banyak digunakan dan paling aman. Tetapi sering kali ada pesan yang beragam tentang apakah kamu dapat menggunakannya bersama antibiotik.

Apakah mengonsumsi parasetamol dengan antibiotik aman? Jawaban singkatnya adalah ya, sebagian besar. Antibiotik digunakan untuk membantu membersihkan infeksi tetapi seringkali tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan rasa sakit. Oleh karena itu kamu biasanya dapat dengan aman minum obat penghilang rasa sakit bersama antibiotik. Demikian seperti dikutip dari The Sun.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Obat ParacetamolIlustrasi Obat Paracetamol © Penggunaan Paracetamol

NHS mengatakan mengonsumsi parasetamol dan antibiotik pada saat yang sama " seharusnya tidak menimbulkan masalah" . Tetapi jika khawatir menggabungkan keduanya atau mulai mengalami masalah setelah mengonsumsi parasetamol, kamu harus menghubungi dokter atau dokter umum kamu.

Namun, ada dua antibiotik yang tidak bisa digunakan bersamaan dengan parasetamol. Ini adalah isoniazid dan rifampisin, dua antibiotik yang digunakan untuk mengobati penderita tuberkulosis.

2 dari 5 halaman

Menurut sejumlah kecil laporan, mengonsumsi isoniazid dengan parasetamol dapat meningkatkan risiko kerusakan hati. Sementara laporan kasus menunjukkan bahwa penggunaan parasetamol bersamaan dengan rifampisin juga dapat meningkatkan risiko kerusakan hati. Dosis yang paling umum untuk orang dewasa adalah satu atau dua tablet 500mg hingga 4 kali dalam periode 24 jam.

Parasetamol dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan tetapi kamu selalu disarankan untuk meninggalkan setidaknya 4 jam di antara dosis.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Obat ParacetamolIlustrasi Obat Paracetamol © Shutterstock.com

Ini bisa memakan waktu hingga satu jam untuk bekerja sehingga penting untuk tidak mengambil lebih banyak jika kamu tidak dapat merasakan efeknya secara langsung. Untuk anak-anak, kekuatan dan dosis yang dibutuhkan tergantung pada usia mereka, jadi selalu baca instruksi dengan seksama sehingga kamu tahu apa yang harus diberikan kepada anak kamu.

Kebanyakan orang dapat menggunakan parasetamol dengan aman tetapi NHS mengatakan bahwa kamu harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu jika kamu:

4 dari 5 halaman

  • pernah memiliki reaksi alergi terhadap parasetamol atau obat lain di masa lalu
  • memiliki masalah hati atau ginjal
  • secara teratur minum lebih dari jumlah maksimum yang disarankan alkohol (14 unit seminggu)
  • minum obat epilepsi
  • minum obat tuberkulosis (TB)
  • minum warfarin pengencer darah dan kamu mungkin perlu minum parasetamol secara teratur

Beri Komentar