Ini Alasan Kenapa Bicara dengan Suara Keras Baik Bagi Kesehatan Mental Wanita

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 11:54
Ini Alasan Kenapa Bicara dengan Suara Keras Baik Bagi Kesehatan Mental Wanita
Kamu suka berbicara dengen suara yang keras? Ternyata, hal ini juga memiliki manfaat lho bagi kesehatan mental kamu. Cek di bawah ya untuk penjelasannya.

Seperti yang kita tahu, wanita identik dengan sikap yang lebih halus, sopan, dan lembut dalam berbicara dibanding pria. Ketika wanita berbicara dengan suara yang keras, sebagian orang akan menganggap jika ia terkesan lebih kasar. Meski tidak semua menganggap seperti itu tentunya.

Berbicara tentang suara yang keras, ternyata hal yang tidak terlalu kita tanggapi dengan serius ini juga menyimpan manfaat tersembunyi lho. Seperti yang dilansir dalam fimela (16/12), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal North American Menopouse Society (NMAS) mengungkapkan bahwa berbicara dengan suara yang keras dan berteriak ternyata baik untuk kesehatan mental wanita. Penelitian ini dilakukan terhadap 304 wanita yang sudah menikah dan hampir menopouse atau setelah menopouse.

1 dari 1 halaman

Menaikkan Volume Suara Dapat Menjaga Kesehatan Mental Wanita

Menaikkan volume suara sesekali juga bisa menjadi cara dari diri kita untuk menjaga kesehatan mental agar stabil. Hal ini karena dengan menaikkan volume suara tidak membuat perasaan kita tertekan.

Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa sikap diam justru akan membuat tubuh stres karena cenderung menahan emosi negatif dalam diri. Diam juga merupakan sikap yang menunjukkan ketidakberanian mengungkapkan perasaan. Tidak bicara karena menahan perasaan inilah yang bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti konstipasi, depresi, obesitas dan juga menaikkan kadar kolesterol.

Karena itu, mengungkapkan perasaan dengan berbicara atau tertawa keras baik bagi kesehatan mental wanita. Nah, jika kamu sering menahannya selama ini, usahakan jangan menahannya lagi ya.

Beri Komentar