Hari Perawat Nasional, Sejarah hingga Tema Peringatan Tahun 2022

Reporter : Nasa
Kamis, 17 Maret 2022 14:31
Hari Perawat Nasional, Sejarah hingga Tema Peringatan Tahun 2022
Selamat hari perawat nasional!

Hari Perawat Nasional diperingati setiap 17 Maret setiap tahunnya. Tanggal penetapan Hari Perawat Nasional sendiri juga bertepatan dengan hari lahir Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

PPNI merupakan organisasi profesi perawat yang juga memiliki peran dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia. Menurut Surat Edaran SPP PPNI, tahun 2022 kali ini peringatan Hari Perawat Nasional dirayakat dengan tema khusus.

1 dari 4 halaman

Yakni 'Perawat Bersama Rakyat Menuju Bangsa Sehat Bebas dari Covid-19'. Peringatan Hari Perawat Nasional jadi trending topic di salah satu platform media sosial, yakni Twitter. Salah satu yang mencuit ucapan Hari Perawat Nasional adalah Presiden Jokowi.

Perawat sendiri menjadi salah satu profesi krusial selama pandemi Covid-19 berlangsung sejak 2020. Karena angka penyabaran yang tinggi, perawat menjadi garda terdepan dalam penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

2 dari 4 halaman

Hari Perawat Nasional (Sejarah)

Penetapan Hari Perawat Nasional tak terlepas dari pendirian Persatiuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang juga pertama kali berdiri pada 17 Maret 1974 silam. PPNI dicetuskan dengan tujuan pendirian organisasi profesi bagi perawat di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, jauh sebelum pendirian PPNI, organisasi perawat sendiri telah eksis. Seperti halnya Perkumpulan Kaum Verpleger fster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), hingga Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Organisasi-organisasi tersebut diketahui sempat mengadakan pertemuan di Bandung yang dipimpin oleh Maskoed Soerjasumantri. Pada pertemuan itu, menghasilkan kesepakatan terbentuknya satu wadah bernama Persatuan Perawat Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Perawat dari Para Petinggi Negara

Peringatan Hari Perawat Nasional kali ini juga diperingati oleh para petinggi negara. Mengingat peran perawat sejauh ini yang begitu besar, terutama saat berlangsungnya pandemi Covid-19 yang menelan banyak korban di Indonesia.

Berikut merupakan deretan ucapan Hari Perawat Nasional dari para petinggi negara. Mulai dari Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat lainnya. Mereka menyampaikan rasa terima kasih dan doa pengharapan untuk perawat seluruh Indonesia.

4 dari 4 halaman

" Untuk para perawat, yang terdepan bersama rakyat saat pandemi COVID-19 datang mendera, kita haturkan terima kasih nan tak terhingga," kata Jokowi dalam cuitan di Twitter pada Kamis (17/3/2022) pagi.

" Teruntuk seluruh perawat yg senantiasa berada di lini-lini terdepan menghadapi hebatnya pandemi, kami haturkan rasa terima kasih atas semangat yg tidak kenal lelah merawat masyarakat," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Segenap redaksi Diadona mengucapkan Selamat Hari Perawat Nasional yang ke 48!

Beri Komentar