Minyak Goreng Lagi Langka, Benarkah Pakai Air Fryer Malah Lebih Sehat?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 16 Maret 2022 17:03
Minyak Goreng Lagi Langka, Benarkah Pakai Air Fryer Malah Lebih Sehat?
Coba yuk lihat penjelasannya berikut ini!

Masyarakat Indonesia dalam bebebrapa hari belakangan tengah mengalami kelangkaan minyak goreng. Masyarakat kesulit mencari bahan untuk mengolah makanan tersebut karena minyak goreng langka.

Salah satu alternatif yang muncul ialah penggunaan air fryer yang tidak menggunakan minyak. Lantas, apakah air fryer lebih sehat dibanding minyak goreng?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi air fryer © Diadona

Dari berbagai ukuran, seperti dilansir dari Web MD, air fryer lebih sehat daripada menggoreng dalam minyak. Ini memotong kalori sebesar 70 persen hingga 80 oersen dan memiliki lebih sedikit lemak.

Metode memasak ini juga dapat mengurangi beberapa efek berbahaya lainnya dari menggoreng minyak. Reaksi yang terjadi saat menggoreng kentang atau makanan bertepung lainnya membuat bahan kimia akrilamida, yang menurut penelitian dikaitkan dengan peluang lebih besar terkena kanker.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Air Fryer © Diadona

Satu studi menunjukkan bahwa penggorengan udara menurunkan jumlah akrilamida dalam kentang goreng hingga 90 persen. Namun, beberapa hal tentang air fryer mungkin tidak lebih baik untuk beberapa orang. Dalam sebuah penelitian, menggoreng ikan di air fryer meningkatkan jumlah zat yang disebut " produk oksidasi kolesterol" (COP).

COP terbentuk ketika kolesterol dalam daging atau ikan rusak selama memasak. Studi menghubungkan zat ini dengan penyakit jantung koroner, pengerasan pembuluh darah, kanker, dan penyakit lainnya.

3 dari 5 halaman

Air Fryer © Diadona

Salah satu cara untuk menurunkan jumlah COP saat kamu menggoreng ikan, menurut penelitian, adalah dengan menambahkan peterseli segar, daun bawang, atau campuran keduanya. Penelitian menunjukkan ramuan ini bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi COP dalam makanan yang digoreng.

Air fryer juga tampaknya mengekang asam lemak omega-3 pada ikan. " Lemak baik" ini membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL " baik" , dan dapat membantu melindungi jantung.

4 dari 5 halaman

Ingat, metode memasak menggunakan air fryer bukan berarti pola makan menjadi lebih sehat. Kamu perlu membatasi asupan makanan goreng-gorengan secara keseluruhan. Lebih baik perbanyak konsumsi buah dan sayuran, dan konsisten dalam penerapannya.

Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mencoba memasak dengan menggunakan air fryer?

Beri Komentar