Tips Ngemil ala Praktisi Masakan Sehat Eldi Soraya, Cocok buat Kamu Si Doyan Jajan Cita-Cita Kurusan

Reporter : Ayu
Rabu, 16 Maret 2022 16:15
Tips Ngemil ala Praktisi Masakan Sehat Eldi Soraya, Cocok buat Kamu Si Doyan Jajan Cita-Cita Kurusan
"Diet sehat bukan hanya tentang pengen kurus aja. Tetapi, apa yang kita makan akan menjadi diri kita".

Kesehatan diri memanglah menjadi poin utama dalam kehidupan. Tak pelak, kita amat sangat memerlukan tubuh yang sehat guna menjalankan segala rutinitas harian. Bisa dibilang, kesehatan kini sudah menjadi kebutuhan pokok ya Diazens, setuju dong?

Banyak sekali cara menjaga tubuh untuk tetap sehat dan prima. Salah satunya dengan memerhatikan asupan makanan serta paham betul dengan segala jenis olahan yang kita konsumsi. Bisa digaris bawahi, khususnya kamu yang pada doyan 'JAJAN'.

1 dari 9 halaman

'Aku maunya sih diet sehat, tapi apalah daya dengan hobi ngemil yang nggak ada ujungnya, pas lagi galau, dikit-dikit makan gorengan, dikit-dikit minum es boba, yang ada badan makin melar'. Bisa jadi, kamu merasakan kondisi ini bukan?

Tak perlu khawatir, seperti apa yang sudah dipaparkan oleh Praktisi Masakan Sehat, Eldi Soraya, saat melangsungkan obrolan bersama Diadona.id beberapa waktu lalu dalam Instagram Live. Pada dasarnya, diet sehat bukan hanya tentang pengen kurus saja lho Diazens, tapi lebih dari itu. Yakni, kita menyadari penuh dengan semua hal yang masuk dalam tubuh, itulah yang akan menjadi diri kita.

" Diet sehat bukan hanya tentang pengen kurus aja. Tetapi, apa yang kita makan akan menjadi diri kita" , papar Eldi Soraya.

2 dari 9 halaman

Gimana cara memulai diet sehat dengan hobi ngemil kita?

      View this post on Instagram      

A post shared by Eldi (@eldisoraya)

Mungkin kamu sudah banyak sekali ya mendengar cara memulai diet ini. But, its oke! Kamu bisa kembali belajar lagi dan menyelami lebih dalam terkait cara mulai diet yang benar.

Cara mengakali kondisi dimana kita ingin diet tapi hobi makan adalah dari pikiran kita sendiri. Gimana caranya kita berpikir akan apa yang kita makan akan menjadi diri kita. Coba deh pikirkan lagi, 'Apakah makanan ini ada manfaat untuk tubuh? Mau makan gorengan nanti akan jadi apa ya di tubuh, kita?' Dan pikiran-pikiran lainnya demi rasa peduli kita pada diri sendiri.

3 dari 9 halaman

" Seneng banget ngemil, gak papa kok, tapi ada batasan. Kalau memang mau kurus, kita cukup di kalori defisit. Makan dibawah kebutuhan kalori kita. Kalau makan sedikit, otomatis akan kurus. Kita pengennya sehat, kalau mau makan sedikit tapi gak ada nutrisinya buat apa?" lanjut Eldi Soraya.

Diazens pernah dengar juga nggak sih, ugkapan tentang 'Jangan diet, kan lagi sakit atau pandemi?', Nah, padahal diet itu utuk sehat dan bukan untuk kurus saja.

" Kalau yang kita lihat pas negmil, ini agak susah ya karena kita gak tahu apa saja komposisi yang ada dalam makanan terebut (kususnya pada jajanan pinggir jalan yang tidak ada informasi nilai gizi). Tapi kalau kita bisa lihat lagi misalnya berminyak banget, kalau bisa dihindari saja lah" papar Eldi Soraya.

4 dari 9 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Eldi (@eldisoraya)

Kadang ada kondisi dimana 'Ah, aku udah nggak makan nasi nih, cuman ngemil doang. Udah diet nih, pasti kurus'. Padahal orang-orang belum tau kalau sesendok minyak saja itu kalorinya setara dengan semangkuk nasi. Waduh, ngeri juga ya Diazens!

"Aku udah nggak makan nasi kok, eh tapi pas dilihat, pagi gorengannya dua, siangnya pisang goreng, Kita makan-makan saja 3 kali sehari sesuai kebutuhan dan nanti diselangi camilannya. Karena pasti kalau udah kenyang, kita gak jadi pengen ngemil" lanjut Eldi.

5 dari 9 halaman

Lanjutnya, Eldi juga mengungkap disaat kita memilikikeinginan buat berhenti makan demi diet, alhasil keinginan untuk ngemil akan lebih tinggi. Padahal dalam kondsiyang sebanrnya adalah kita merasa lapar, tapi malah kita mengurangi nasi, atau nggak makan nasi sama sekali.

'Gak, gak boleh nasi, gak boleh nasi, nasi bikin kita gendut'. Nah ini yang salah, jadi diubah dulu mindset-nya ya Diazens. Lalu gimana dong kalau kita maunya ngemil terus? Dalam kondisi ini, kalau mau jajan dan ngemil, lebih baik kita kenyangin dulu sama makanan pokok, yaitu dengan perbanyak sayur hingga makanan berserat.

6 dari 9 halaman

Kapan sih waktu terbaik ngemil?

      View this post on Instagram      

A post shared by Eldi (@eldisoraya)

Waktu terbaik ngemil itu bisa dimana saja, pagi siang malam juga boleh. Tapi yang penting adalah tetap di kalori harian.

"Mau malam, wah jangan makan pizza mala-malam, nanti bisa naik kiloannya. Padahal itu yang naik bukan lemaknya, melainkan kadar air dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena pizza kan banyak tuh kandungan garamnya. Nah, kemungkinan bisanya kita haus dan lebih mengonsumsi air. Ngemil kapan aja bebas, yang pentng kalori harian terjaga" jelas Eldi Soraya.

"Kalau misalnya untuk awal banget, bisa cukup dilihat kalorinya. Kan ada nih energi per satu sajian berapa kalori. Jadi rata2 kalau kebutuhan wanita nih minimal 1200, itu minimal banget dan gak boleh kayak gitu tergantung aktivitas".

"Misalnya ini di nutrition factnya per sajiannya ada di 200 kalori, dan 100 alori. mungkin bisa dipertimbangkan. Selanjutnya gula dan protein. Karena bisanya produk yang low fat padahal pas dilihat kadar gulanya tinggi".

7 dari 9 halaman

Berapa sih anjuran banyaknya gula yang tepat di konsumsi dalam satu hari?

Banyak dari kita yang belum paham betul akan kebutuhan harian gula dan garam per harinya bagi tubuh. Kembali lagi, kebutuhan ini disesuaikan juga dengan aktivitas harian ya Diazens. Nah, untuk rata-rata kebutuhan gula harian itu berada pada angka 24 gram per hari atau sekitar 6 sdt.

Sedangkan minuman kemasan kalau kita lihat, kalorinya memang kecil yaitu berkisar 90 kalori, tapi gulanya 24 gram. Kalau kita nggak care dengan asupan gula tanpa diselingi aktivitas yang memadai seperti olahraga atau latihan fisik lainnya, lama kelamaan kandungan gula dalam tubuh akan makin menumpuk hingga berpotensi menyebabkan penyakit, keriput, dll. Bahkan, bisa sampai pada merusak matabolisme akibat penumpukan lemak.

8 dari 9 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Eldi (@eldisoraya)

Buat Diazens yang tidak memiliki pantangan makan gula dan garam karena beberapa penyakit seperti diabetes hingga hipertensi, maka terbilang aman untuk konsumsi MSG (asal dalam batas mormal). "Micin juga kan pada bilang kalau mau diet gak boleh makan micin, ya yang salah itu. bukannya gak boleh makan micin saat diet, tapi kalau dikasih micin kan makanan jadi enak, jadi kita makin mau makan hingga tak terontrol", jelas Eldi.

So, kalau mau ngurangin micin, kita cukup nambahin bawang putih dan bawang merah untuh menambahkan rasa gurih. Berdasarkan pemaparan Eldi Soraya, micin sendiri adalah berasal dari mikroba yang memproduksi asam glutamat. Micin sebagai penyedap rasa sendiri sebenarnya ada pada sumber-sumber makanan protein seperti ayam.

"Nah, kalau masak ayam tanpa harus ada micinnya juga bisa gurih. Cuman untuk level merasakan kegurihan alami itu harus pelan-pelan. Apalagi kalau kita udah biasa pakai micin, jadi cukup dikit-dikit dikurangin aja, pertahap untuk bisa lepas dr micin" jelas Eldi Soraya.

9 dari 9 halaman

Kandungan dalam gula benarkah bikin kegemukan?

      View this post on Instagram      

A post shared by Eldi (@eldisoraya)

Sejatinya, gula adalah bahan yang digunakan sebagai pemanis masakan hingga pengawet alami pada olahan. Namun, kandungan yang bikin gula jadi jelek adalah karena glikemik indeksnya tinggi. "Jadi, kalau kita makan, otomatis kadar insulin dalam tubuh meningkat dengan cepat, alhasil hormon dalam diri ikut meningkat yang mengakibatkan kita jadi mudah lapar".

"Pada dasarnya, semua makanan itu baik kok kalau pada porsinya. Karena pada makanan sehat pun kalau misalnya kita makannya berlerbih kan juga gak sehat. Seperti sayur-sayuran, kalau kebanyakan kan juga gak baik, jadi asam urat" jelas Eldi Soraya.

"Kita memang butuh perjalanan dan kesabaran. Kita harus hempas dulu nih mental-mental kalau diet untuk kurus cepet. Kita harus berfikir untuk sehat yang bisa kita jalani seumur hidup. Kita gak mau sehari dua hari aja kan untk diet sehat. Terus kalau udah turun BB, masak kita gak lanjutin lagi? Enggak dong ya? Oleh karena itu, kita harus mencari metode diet yang cocok untuk seumur hidup. Jadi mindset-nya diubah, kita tahu sinyal rasa lapar, apakah kita hanya pengen aja atau benar-benar lapar" tutup Eldi Soraya.

Buat Diazens yang mau dengerin Podcast Eldi Soraya, bisa klik link berikut ya...

>>> PODCAST #ELDIET

Beri Komentar