Kisah Pilu Raihan, Harus BAB di Kantong Plastik Sejak Lahir

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 16 Juli 2021 10:27
Kisah Pilu Raihan, Harus BAB di Kantong Plastik Sejak Lahir
Ya ampun, Raihan. Pilu sekali...

Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang sehat. Namun nyatanya, tak semua orang tercapai keingingannya yang demikian. Sebagian dari mereka memiki anak yang terlahir dengan kondisi yang tak biasa seperti anak-anak pada umumnya.

1 dari 4 halaman

Dek Raihan © Diadona

Salah satunya adalah Raihan Saffar Mannaf ini. Usianya kini baru 1,5 tahun. Sejak lahir, Raihan tidak bisa kentut apalagi buang air besar. Keadaan tersebut begitu menyiksa Raihan dan akhirnya dioperasi untuk dibuatkan anus dan buang air besar.

Dek Raihan pun BAB dan kentut di kantong plastik kilion. Ditambahkan, sang ibu ternyata didiagnosa gagal jantung. Raihan maupun ibunya tidak bisa kontrol rutin ke rumah sakit karena keterbatasan biaya.

 

2 dari 4 halaman

Di sisi lain, sang ayah hanyalah seorang nelayan yang penghasilannya tidak tentu. Ditambah lagi pandemi yang melanda membuat penghasilan menurun, sehingga harus bekerja serabutan. Meski juga sudah mencari penghasilan tambahan, itu pun tak cukup sebab hanya bertambah Rp 20 rb - Rp 25 rb saja setiap harinya.

Sementara itu, kondisi Raihan setiap hari semakin memburuuk. Dia jadi sering muntah-muntah karena mengalami infeksi usus. Raihan pun jadi tidak bisa makan kecuali susu formula.

 

3 dari 4 halaman

Raihan sendiri belum pernah mandi sejak lahir karena kondisinnya ini yang membuat Raihan tidak diperbolehkan mandi. Padahal Ibu Raihan ingin sekali Raihan merasakan apa yang orang normal rasakan.

Dek Raihan © Diadona

“ Raihan sejak lahir belum pernah mandi karena tidak boleh terkena air, jadi saya juga ingin Raihan bisa merasakan apa yang bisa dilakukan orang normal pada umumnya, bisa mandi, bisa tidur dengan posisi badan yang tengkurep dll," ucap Ibu Raihan.

 

Beri Komentar