Gak Cuma Seru, Nonton Bola Ternyata Juga Baik Buat Kesehatan Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 30 November 2022 19:03
Gak Cuma Seru, Nonton Bola Ternyata Juga Baik Buat Kesehatan Lho!
Udah seru, bikin sehat lagi!

Sepak bola adalah salah satu olahraga favorit di dunia. Semua orang bisa menjadi "gila" saat melihat pertandingan tim kesayangan bermain di lapangan. Euforia pertandingan sepak bola selalu menggema di seluruh dunia. Apalagi waktu-waktu ini lagi hype baget Piala Dunia di Qatar.

Sepak bola memiliki manfaat jika dimainkan atau dilakukan sebagai olahraga, bahkan untuk yang hanya sekedar menonton pun, sepak bola memiliki manfaat yang egitu baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? simak informasinya berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Menonton Sepak Bola Sama Dengan Berolahraga

Ilustrasi Nonton Sepak BolaIlustrasi Nonton Sepak Bola © shutterstock.com

Menonton sepak bola selama 90 menit setara dengan berolahraga. Sebuah penelitian dari University of Leeds menyatakan bahwa menonton bola dapat berdampak baik bagi kesehatan.

Hal tersebut terjadi karena detak jantung seseorang yang menonton sepak bola akan meningkat sekitar 64 persen dan denyut mencapai 130 per menit. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa hal tersebut sama seperti seseorang yang berjalan cepat selama 90 menit.

2 dari 5 halaman

Melepas Stres

Ilustrasi Nonton Sepak BolaIlustrasi Nonton Sepak Bola © shutterstock.com

Penelitian dari University of Alabama mengatakan, menonton sepak bola mampu mengendalikan otak dari gejala stres. Hormon stres dari tubuh bisa terlepas secara perlahan, karena otak dan tubuh mendambakan kesenangan dan bereaksi positif ketika menonton pertandingan sepakbola.

Selain itu, mendapati tim favoritnya menang juga dapat mengurangi tekanan darah dan memberikan dorongan psikologis selama beberapa hari. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi Nonton Sepak BolaIlustrasi Nonton Sepak Bola © shutterstock.com

Menonton pertandingan sepakbola akan membuat hormon di otak bekerja dengan baik. Penelitian dari University of Chicago menyatakan bahwa ada peningkatan aktivitas di neuron motorik otak ketika melihat pemain sepakbola bergerak dari sisi yang satu ke sisi yang lainnya, sehingga fungsi otak dapat meningkat.

 

4 dari 5 halaman

Nah itu dia beberapa manfaat nonton bola yang ternyata baik untuk kesehatan. Tapi, peru diingat ya Diazens, kalau nontonnya nggak boleh terlalu lama dan sampai begadang. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar