Udah Jadi Identitas, Kenapa Ya Ada Pria yang Nggak Berkumis dan Berjenggot?

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 26 November 2022 08:03
Udah Jadi Identitas, Kenapa Ya Ada Pria yang Nggak Berkumis dan Berjenggot?
Meski udah jadi hal lumrah dan natural, tapi nggak semua cowok punya lho!

Pria sungguh identik dengan kumis dan jenggot. Namun meskipun kebanyakan punya, ada sebagian pria yang benar-benar tidak tumbuh kumis dan jenggot hingga mereka dewasa. Ya, kalau yang dicukur dan dirapihkan gitu sih banyak. Namun kenapa ya nggak semua pria itu punya kumis dan jenggot? Melansir dari Hellosehat.com, ini penyebabnya!

1 dari 7 halaman

Usia

Salah satu faktor yang memengaruhi tumbuh atau tidaknya kumis dan jenggot ternyata adalah usia. Jika masih remaja atau awal 20-an dan tidak tumbuh kumis dan jenggot, itu tidak perlu khawatir. Bisa saja dan banyak pria mengalami peningkatan rambut wajah di usia 30-an.

2 dari 7 halaman

Rendahnya Kadar Testosteron

Selain itu, ternyata kadar testoteran pada pria begitu berpengaruh terhadap tumbuh atau tidaknya kumis dan jenggot. Jika kekurangan atau rendah, tentu akan sulit tumbuh jenggot dan kumis. Makanya wanita itu kadar testoteronnya rendah yang membuat kebanyakan mereka tidak punya kumis dan jenggot.

3 dari 7 halaman

Dari Ras Tertentu

Ras ternyata punya peran terhadap tumbuh atau tidaknya jenggot dan kumis. Seperti sebuah penelitian dalam International Journal of Cosmetic Science, pria Tiongkok punya pertumbuhan rambut lebih sedikit dari pria Kaukasia. Misalnya lho itu.

4 dari 7 halaman

Selain itu, penyebab lain kenapa jenggot dan kumis tidak tumbuh mungkin karena alopecia areata, yaitu bentuk kerontokan dan kebotakan rambut yang tidak merata dan bisa terjadi di bagian tumbuh mana pun, termasuk jenggot dan kumis. Terlebih jika orangtua a

Selain itu, penyebab lain kenapa jenggot dan kumis tidak tumbuh mungkin karena alopecia areata, yaitu bentuk kerontokan dan kebotakan rambut yang tidak merata dan bisa terjadi di bagian tumbuh mana pun, termasuk jenggot dan kumis. Terlebih jika orangtua atau kerabat dekat punya kondisi yang sama, risiko terkena kondisi jadi meningkat.

5 dari 7 halaman

Seperti halnya ras, ternyata genetik juga berpengaruh besar terhadap tumbuh atau tidaknya jenggot dan kumis. Kakek dan ayah berkumis atau jenggot tebal? Kemungkinan besar kamu punya kondisi yang sama, nih. Seberapa tebal folikel rambut di seluruh tubuh, t

Seperti halnya ras, ternyata genetik juga berpengaruh besar terhadap tumbuh atau tidaknya jenggot dan kumis. Kakek dan ayah berkumis atau jenggot tebal? Kemungkinan besar kamu punya kondisi yang sama, nih. Seberapa tebal folikel rambut di seluruh tubuh, termasuk rambut wajah, itu ditentukan secara genetik bahkan sebelum lahir.

6 dari 7 halaman

Itulah alasan kenapa ada pria yang tidak tumbuh kumis dan jenggot. Jika ingin menumbuhkan kumis, pastikan cara tersebut aman dan kalau bisa konsultasi dulu terhadap pihak terkait. Yang penting, jaga pola hidup sehat, ya! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar