Banyak Tidur Bisa Bikin Lebih Kurus, Kok Bisa sih?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 11 Maret 2022 07:57
Banyak Tidur Bisa Bikin Lebih Kurus, Kok Bisa sih?
Hah, memang iya?

Satu hal yang jadi sering dan suka kita lakukan adalah tidur. Meski sering dikaitkan dengan sifat malas, tapi ahukah kamu kalau tidur sesungguhnya bisa membantumu menjaga berat badan. Tentu saja hal ini dilakukan pada saat tertidur dengan jumlah yang cukup.

Ketika seseorang kurang tidur, terdapat dampak negatif yang bisa dialaminya. Melansir The Health Site, berikut alasan kenapa tidur bisa membuatmu menjaga berat badan.

1 dari 6 halaman

Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Obesitas

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © 2020 https://www.diadona.id/medicalnewstoday.com

Orang dewasa yang kurang tidur punya risiko lebih tinggi bertambah berat badan.

Berdasar penelitian, saat tidur seseorangakan mengalami perubahan berat badan yang lebih sedikit. Gangguan tidur yang dialami seseorang juga berhubungan dengan obesitas.

2 dari 6 halaman

Kualitas Tidur Tingkatkan Selera Makan

Banyak orang yang kekurangan tidur cenderung untuk makan lebih banyak. Hal ini terjadi karena dua hormon yang berhubungan dengan rasa lapar seperti ghrelin dan leptin. Ketika seseorang kurang tidur, keseimbangan dari hormon ini jadi terganggu.

3 dari 6 halaman

Kurang Tidur Berisiko Metabolisme Terganggu

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © freepik.com/tirachardz

Penelitian mengugkap bahwa kurang tidur berisiko menurunkan kadar metabolisme saat istirahat, yaitu jumlah kalori yang terbakar ketika tidur.

Diketahui bahwa kurangnya tidur bisa membuat hilangnya otot. Karena otot membakar kalori ketika istiharat, kadar metabolik menurun pada saat otot hilang.

4 dari 6 halaman

Tidur yang Cukup Bisa Meningkatkan Aktivitas Fisik

Kurang tidur bisa berujung pada kelelahan di siang hari dan membuatmu kurang termotivasi untuk berolahraga. Selain itu, kamu bakal lebih mudah lelah ketika berolahraga berlebih.

Sebeliknya, tidur yang cukup bisa meningkatkan kekuatan otot dan performa atletik.

5 dari 6 halaman

Tidur yang Cukup Mencegah Resistensi Insulin

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © 2020 https://www.unsplash.com/Bruce Mars

Insulin adalah hormon yang membuat tubuh menggunakan gula dari karbohidrat yang kamu konsumsi sebagai energi. Saat kualitas tidur seseorang buruk, lebih banyak gula tersimpan di aliran darah karena sel tuuh menjadi resisten terhadap insulin dan bisa berpengaruh terhadap munculnya diabetes dan bertambahnya tekanan darah.

Beri Komentar