Zumba Fitness Hempaskan Penat dan Stres ala Zin Rachma Tria Yanuarti, Efektif Bakar 500 Kalori

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 9 Maret 2022 11:24
Zumba Fitness Hempaskan Penat dan Stres ala Zin Rachma Tria Yanuarti, Efektif Bakar 500 Kalori
Buat kaum mageran dan pengen hepi-hepi, boleh banget nih nyobain zumba fitness!

Zumba fitness bisa menjadi salah satu pilihan workout buat Diazens yang mau menurunkan berat badan secara efektif dan tentunya menyenangkan. Yap, zumba merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di semua kalangan baik remaja hingga usia tua. Ritme gerakan yang cepat tidak hanya menyenangkan, namun juga mampu menurunkan berat badan secara efektif dan baik untuk kesehatan.

Hal ini sejalan dengan apa yang dipaparkan oleh salah seorang Instructor Zumba asal Kota Blitar, Rachma Tria Yanuarti dalam Live Instagram bersama Diadona pada Sabtu (26/2/2022). Menurut Zin Rachma, secara basic-nya, zumba adalah sebuah program gabungan antara dance, cardio dan fitness. Wah, paket komplit bukan?

1 dari 7 halaman

Gerakan Zumba Fitnes Bikin Happy

Tidak ada gerakan khusus dalam zumba fitness. Melainkan, fokus senam ini adalah menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengikuti irama musik. Zumba fitness sendiri memakai lagu perpaduan antara latin songs dan internasional songs. Sedangkan, untuk lagu internasional bisa diisi Hip-hop, Pop, Kpop, Dangdut dan lainnya sesuai style setiap Insructor. Zumba gerakannya eksklusif, seluruh dunia gerakan dan lagunya sama.

" Jadi kalau setiap ada musik yang enak akan saya pakai sih, bak itu lagu K-Pop, Bollywood, Dangdut koplo itu wajib sih, jadi setiap akhir sesi sebelum pendinginan itu saya selalu wajib ada (Dangdut Koplo) supaya menciptakan suasana yang happy, yang seneng, orang-orang setelah capek pas waktu pulang harus ada aura happpy-nya" , jelas Zin Rachma.

2 dari 7 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Rachma Tria Yanuarti (@rachma_tria)

'Terus gimana kalau kita yang belum begitu bisa dance, tapi mau join kelas zumba?'

Well, boleh banget kok. Zin Rachma juga mengatakan kalau di kelas zumba pada umumnya, siapapun bisa mengikuti meski baru pertama dan belum pernah latihan. Member yang baru join akan bisa mengikuti semua gerakan yang sudah dicontohkan oleh instructor.

"Karena kita ada berbgai macam step. Jadi kalau di awal itu ada semacam petunjuk, seperti dua angkah ke kanan dua langkah ke kiri, satu langkah ke depan, kita kasih tanda atau petunjuk, pasti bisa ngikutin".

"Zumba itu gampang, zumba itu mudah, dari awal pertama latihan pasti bisa ngikutin", ujar Zin Rachma Tria.

3 dari 7 halaman

Efek Zumba untuk Menghilangkan Stres

      View this post on Instagram      

A post shared by Rachma Tria Yanuarti (@rachma_tria)

'Bagaimana zumba fitness bisa membantu menghilangkan stress?'

Zumba fitness merupakan bagian dari olahraga cardio untuk kerja fungsi jantung dan paru-paru, fitness untuk melatih otot-otot besar utamanya, bokong, paha, kaki, abs, tangan. Sedangkan, pada zumba fitness menekankan di gerakan dance dimana orang akan kalau happy.

"Bawaannya joget-joget gitu kan, sama, jadi gini kita konsepnya, nari-nari, joget-joget, tapi bakar kalori. Makanya, kalau di kelas, kalau ada orang yang cemberutan bawa masalah dari rumah, saya kasih petunjuk untuk tersenyum, senyum, ayuk senyum, jangan lua senyum" ajak Zin Rachma Tria.

4 dari 7 halaman

Efektifitas Zumba Menurunkkan BB hingga 500 Kalori

      View this post on Instagram      

A post shared by Rachma Tria Yanuarti (@rachma_tria)

Zin Rahcma sendiri pernah mengalami cereda angkle dan konsumsi sum-sum berisi lemak hingga sampai mencapai BB 80 kg. Usai kondisinya membaik ia pun akhirnya bisa olahraga lagi terutama melatih zumba. Sampai-sampai ia turun hingga di BB 65 kg.

"Karena gerakan zumba paling dominan adalah kaki, paha, bokong, alhasil kalau zumba, kurusnya bukan kurus kering gitu enggak, jadi dia body goals, ramping, siset, ototnya juga kebentuk".

"Yang penting kita defisit kalori. Nah, jika digabungkan lagi dengan zumba, itu akan lebih makin efektif. Karena sekali sesi satu jam bisa membakar 500-800 kalori jika gerakannya benar (semangat on fire) tapi itu juga harus berdasarkan intensitas. Minimal seminggu 3 kali masing-masing satu jam. Kalau berasa kurang bisa ditambah" ungkap Zin Rachma menceritakan pengalamannya turun berat badan dengan lakukan zumba fitness secara rutin.

5 dari 7 halaman

Zumba untuk Penderita Asam Urat dan Perempuan Hamil, Apakah Diperbolehkan?

" Perempuan hamil, boleh (melakukan zumba fitness), namun dengan intensitas rendah, seperti salsa yang tipis-tipis, salsa kanan dua kali salsa kiri dua kali. Sedangkan, untuk penderita asam urat boleh ikut zumba, malah sangat disarankan. " Justru malah harus disarankan Bunda, karena dengan olahraga rutin, asam urat, kolestrol, gula darah, akan minggat semuanya" .

Takut sakit atau kambuh, ya pelan-pelan. Menghindari rasa sakit, " njarem (DOMS) adalah suatu keniscayaan, artinya kita gerakannya sudah bener, otot bekerja. Lalu gimana biar gak njarem lagi? rutin olahraganya. Semakin kita rutin, semakin tidak njarem (DOMS)" .

6 dari 7 halaman

Zumba untuk Semua Kalangan

      View this post on Instagram      

A post shared by Rachma Tria Yanuarti (@rachma_tria)

Keistimewaan zumba fitness sendiri adalah dimana jenis olahraga cardio ini bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari umur 5 tahun yang namanya Zumba Kids, Zumba Fitness untuk kalangan umum, Zumba Gold untuk orangtua. Tak hanya itu, Zumba ada banyak jenisnya seperti zumba di kolam renang, zumba dengan barbel, zumba dipadukan dengan bela diri, dan masih banyak lainnya.

Kini, zumba bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun kita mau. Diazens juga bisa mengikuti gerakan zumba fitness lewat youtube, meski tidak seefektif ikut zumba di kelas bersama instructor.

"Zumba lewat YouTube menurut saya bisa, namun tidak seefektif ikut kelas langsung, datang ke sanggar atau ikut zoom langsung, jadi zumba ada kelasnya, ada rumusnya baik di kelas khusus, online atau ofline" papar Zin Rachma.

7 dari 7 halaman

Waktu Terbaik Lakukan Zumba dan Motivasi ala Zin Rachma

"Waktu terbaik melakukan zumba adalah sesempatnya, yang penting kita meluangkan waktu buat olahraga setidaknya satu jam. Perhitungannya selama 45 menit ke atas kita bakar kalori, setelah itu kita pembakaran lemak, kalau mau maksimal".

      View this post on Instagram      

A post shared by Rachma Tria Yanuarti (@rachma_tria)

"Self reward, self love, tidak hanya menerima apa adanya diri kita. Self reward, self love itu juga trmasuk menyayangi diri kita, sebaik-baiknya, misal tubuh kita oh ini terlau gemuk, harus dikecilin agar kita enak bergerak dan bekerja. Dan olahraga itu semuanya bagus, gak ada yang jelek, semua olahraga itu bagus. Nah, buat yang mau olahraga yang happy, sambil nge-dance ketemu dengan temen-temen yang motivasinya tinggi dan insprirasional, kayaknya di zumba" kata Zin Rachma Tria Yanuarti menutup sesi live Instagram bersama Diadona.

Nah, buat Diazens yang mau kepoin lebih dalam tentang gerakan zumba fitness ala Zin Rachma Tria Yanuarti, bisa dilihat atau follow langsung Instagram pribadinya @rachma_tria atau YouTube RACHMA TRIA. So, keep moving and stay healthy ya...

Lihat Video YouTube Zin Rachma Tria Yanuarti di Sini ya.

Beri Komentar