Mandi Saat Tubuh Masih Keringetan, Boleh Nggak Sih?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 10 Maret 2022 13:03
Mandi Saat Tubuh Masih Keringetan, Boleh Nggak Sih?
Gerah banget nih, pengen buru-buru mandi. Tapi aman buat kesehatan kulit nggak ya?

Mandi sudah menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Dengan mandi, badan akan kembali menjadi segar, bersih, dan terbebas dari kotoran. Meski dianjurkan dua kali sehari, namun terkadang saat tubuh kita megeluarkan banyak keringat kita pasti ingin buru-buru mandi.

Tapi, aman nggak sih sebenarnya mandi saat berkeringat?

1 dari 6 halaman

ilustrasi pria mandiilustrasi pria mandi © mirror.co.uk

Sebenarnya, mandi saat tubuh masih berkeringat tidak bahaya alias aman untuk dilakukan. Sebagai contoh, mandi setelah kegiatan yang cenderung membuat tubuh berkeringat, seperti setelah olahraga atau melakukan aktivitas seharian di luar ruangan.

Keringat membuat kulit jadi lengket. Selain itu, kotoran seperti debu menempel di kulit, keringat yang keluar dari sekitar ketiak, selangkangan, dan dada cenderung menyebabkan bau badan.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita MandiIlustrasi Wanita Mandi © Shutterstock

Pada beberapa kasus, keringat bisa menciptakan kelembapan yang merangsang pertumbuhan jamur atau bakteri di kulit. Semua pertimbangan itulah yang membuat sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk mandi setelah beraktivitas seharian.

Mandi saat berkeringat boleh saja, asalkan disesuaikan dengan kenyamanan, waktu, serta jenis kulit. Bila kamu merasa nyaman setelah mandi, memiliki waktu lebih, dan memiliki kulit yang cenderung berminyak, silakan lakukan.

Pasalnya, keringat berlebih dapat membuat tingkat kelembapan kulit menjadi terlalu tinggi. Pada saat kita mandi, keringat, minyak, dan kotoran yang ada di permukaan kulit akan terhapus.

3 dari 6 halaman

Oleh karena itu, mandi akan membuat kelembapan kulit menjadi berkurang, menurunkan risiko terkena infeksi jamur, dan membuat kulit menjadi lebih segar dan harum.

Timbulnya panu bukan disebabkan kondisi mandi saat berkeringat, melainkan karena kebiasaan membiarkan keringat terlalu lama berada di kulit tanpa mengeringkannya dengan handuk atau mengganti baju.

4 dari 6 halaman

ilustrasi wanita mandiilustrasi wanita mandi © thehealthy.com

Mandi setelah beraktivitas berat boleh-boleh saja. Namun, penting untukkamu ketahui bahwa kamu tak bisa sembarangan langsung mandi sewaktu tubuh masih basah oleh keringat.

Cara mandi yang salah justru akan mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan, misalnya salah memilih suhu air saat mandi, atau buru-buru mandi ketika sudah sampai rumah setelah beraktivitas.

5 dari 6 halaman

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips di bawah ini jika ingin mandi saat tubuh sedang penuh dengan berkeringat.

  • Keringkan keringat sebelum mandi
  • Normalkan suhu tubuh
  • Perhatikan suhu ari yang digunakan
  • Perhatikan durasi mandi
  • Pilih sabun yang tepat
  • Gunakan pelembap setelah mandi

Kesimpulannya, dari segi kondisi kulit, mandi saat berkeringat sah-sah saja untuk dilakukan. Pasalnya, mandi akan mengurangi kelembapan kulit yang berlebih sekaligus menghilangkan kuman.

Beri Komentar