16 Jenis Penyakit Kelamin pada Pria dan Wanita, Ada Keputihan dan Kutu Kelamin

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 16 Februari 2021 13:21
16 Jenis Penyakit Kelamin pada Pria dan Wanita, Ada Keputihan dan Kutu Kelamin
Jenis penyakit kelamin pada pria dan wanita kebanyakan memang terjadi karena hubungan seksual tidak aman. Tapi, bisa juga karena kebersihan area genital yang tak terjaga atau siklus menstruasi

Jenis penyakit kelamin pada pria dan wanita umumnya hampir sama, seperti genore, sipilis, herpes, klamidia hingga HIV. Meski ketakutan masyarakat dan stigma terhadap penderitanya tinggi, tapi seringnya ini tak dibarengi dengan usaha pencegahan dan memeriksakan diri.

Penyakit kelamin tak hanya berkaitan dengan infeksi menular seksual lho. Ada penyakit misalnya karena kelembaban area genita, hingga siklus menstruasi. Uraian lengkap mengenai penyakit ini yuk simak artikel di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Kelamin Pria

Jenis Penyakit KelaminJenis Penyakit Kelamin © 2021 shutterstock.com/Peakstock

Penyakit kelamin pria berikut sebagian besar terjadi dengan penularan melalui kontak seksual. Apa saja?

Gonore

Penyakit kelamin pria gonore nggak cuman menginfeksi area genital, tapi juga bisa menyerang area lain seperti anus, tenggorokan atau uretra. Sama halnya dengan yang lainnya, penularan dilakukan dengan kontak seksual.

Klamidia

Klamidia terjadi karena infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini sering muncul tanpa gejala dan kalaupun muncul, penderita baru merasakannya beberapa minggu setelah infeksi terjadi.

Klamidia juga bisa menyerang dubur. Bila ini terjadi, penderita bisa merasakan nyeri dan juga berdarah.

Candidiasis

Kamu mungkin pernah mendengar nama jamur candida? Yup, ini merupakan jamur penyebab keputihan pada perempuan. Namun infeksi jamur ini juga bisa terjadi pada pria dan disebut dengan candidiasis. Infeksinya mungkin nggak disertai dengan gejala yang jelas. Kalaupun ada, biasanya akan menginfeksi ujung penis.

Infeksi jamur pada pria sering terjadi karena jamur penyebab infeksi jamur (candida) biasanya terdapat pada kulit, terutama kulit yang lembab. Trus bisa juga ditambah dengan berhubungan seks dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur vagina sehingga menyebabkan pertumbuhan berlebih jamur ini.

Sipilis

Nah, ini adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang paling terkenal. Pada awal kemunculannya, sipilis akan berbentuk seperti bulatan kecil yang disebut chancre pada alat kelamin, dubur, atau mulut. Nggak bikin sakit sih, tapi sangat menular.

Sipilis disebut merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang sangat menular dan serius pada laki-laki karena kaitannya dengan HIV dan peningkatan risiko pengembangan HIV ketika terinfeksi.

HPV

Infeksi virus HPV poada pria ternyata ada kaitannya dengan pengembangan kanker genital di kemudian hari, meski ini tak umum terjadi. HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin pada pria.

Herpes

Terjadi karena infeksi virus herpes simplek. Gejalanya yang paling umum yaitu kemunculan luka lepuh pada organ genital atau mulut.

HIV

Meski penularan terbesarnya terjadi melalui interaksi seksusal, jenis penyakit kelamin ini nggak akan memunculkan gejalanya di area genita, melainkan langsung menyerang sistem kekebalan tubuh.

2 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Kelamin Wanita

Jenis Penyakit KelaminJenis Penyakit Kelamin © 2021 samitivejhospitals.com

Jenis penyakit kelamin pada wanita nggak cuman terjadi karena hubungan seksual. Ini juga bisa muncul berkaitan dengan siklus mentruasi, penuaan, konsumsi obat-obatan tertentu hingga perubahan setelah kehamilan.

Keputihan Tidak Normal

Yaitu saat keputihan berwarna hijau atau kuning dan muncul disertai dengan rasa gatal serta berbau busuk. Ini adalah keputihan yang nggak normal dan bisa merupakan gejala jenis penyakit kelamin wanita yang harus dicari pengobatannya.

Kutil Kelamin

Seperti namanya, jenis penyakit kelamin wanita ini merupakan kutil yang tumbuh di area kelamin. Keberadaan mereka membuat rasa sakit, nggak nyaman dan juga gatal-gatal.

Jenis enyakit kelamin wanita ini terjada karena strain human papillomavirus (HPV). Ini beda ya dengan virus HPV yang jadi penyebab kanker serviks ya!

Kutu Kelamin

Secara umum ada jenis kutu yang menyerang manusia, yakni:

  • Pediculus humanus capitis: Kutu kepala
  • Pediculus humanus corporis: Kutu tubuh
  • Phthirus pubis: Kutu kemaluan

Nah, kutu kemaluan ini masuk dalam jenis penyakit kelamin pada wanita dan juga pria. Kutu ini hidup di rambut kemaluan dan disebarkan melalui kontak seksual.

Herpes

Adalah jenis jenis penyakit kelamin baik pada wanita atau pria yang terjadi karena virus herpes simpleks (HSV). Herpes umumnya ditularkan melalui kontak seksual, baik oral, anal, atau kelamin.

Sipilis

Penyakit kelamin wanita atau pria ini sangat menular, bisa melalui hubungan seksual juga dari ibu kepada bayi yang dilahirkannya. Sipilis sudah dikenal dari berabad-abad yang lalu. Bila tak ditangani dengan benar, sipilis bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada berbagai organ.

Salpingitis

Penyakit salpingitis adalah salah satu jenis penyakit radang panggul. Lho, terus ada hubungan apa nih dengan jenis penyakit kelamin wanita?

Salpingitis atau penyakit radang panggul lainnya bisanya terjadi karena infeksi menular bakteri penyebab jenis penyakit kelamin seperti klamidia atau gonore. Bakteri tersebut kemudian bisa masuk ke dalam organ reproduksi.

Karker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks - bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Penyebab jenis penyakit kelamin wanita ini adalah karena infeksi virus jenis Human Pappiloma atau HPV. Saat seseorang terinfeksi HPV, sistem kekebalan tubuh bakalan menghalangi virus buat melakukan kerusakan lebih lanjut. Tapi ada sebagian orang, virus situ bertahan bertahun-tahun pada tubuh mereka dan berperan membentuk sel kanker di leher rahim.

Gonore

Sering mendengar nama jenis penyakit kelamin ini kan? Tak hanya pada wanita, gonore juga mengincar pria.

Gonore ini paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain selama kontak seksual, termasuk hubungan seks oral, anal atau vagina.

Bila jenis penyakit kelamin wanita ini nggak diobati, maka infeksi bisa naik ke saluran eproduksi wanita dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID) dan dapat menyebabkan nyeri parah dan kronis serta merusak organ reproduksi wanita.

Klamidia

Penyakit klamidia ini umumnya ada dalam tubuh wanita tanpa menimbulkan gejala. Tak hanya pada pria, penyakit ini juga bisa menyerang pria lho dengan prosentasi  50 persen infeksi pada pria dan 75 persen infeksi pada wanita terjadi tanpa rasa sakit sama sekali. Sehingga, banyak orang yang tanpa sadar telah mengidapnya dan secara tak sengaja menyebarkannya kepada pasangan seksual mereka.

Gejala macam penyakit kelamin ini adalah 

3 dari 3 halaman

Jenis Penyakit KelaminJenis Penyakit Kelamin © 2021 blog.cognifit.com

Pada jenis penyakit kelamin yang menyebar karena hubungan seksual, maka cara paling efektif untuk menghindarinya yaitu dengan menerapkan kesehatan dan perlindungan seksual. Melansir Healthline, pencegahannya dimulai sebelum melakukan aktivitas tersebut, mulai dari:

  • Jujur pada pasangan tentang riwayat seksual
  • Lakukan tes bersama pasangan
  • Hindari kontak seksual saat berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan sebelum berhubungan seks.
  • Vaksin HPV, hepatitis A dan juga B
  • Gunakan kondom

Jenis penyakit seksual kebanyakan bisa dicegah dengan menerapkan hal-hal tersebut kok. Dan jangan malu untuk memeriksakan diri bila kamu mengalami gejala yang mengarah pada infeksi kelamin atau seksual ya!

 

Beri Komentar