Penyebab Herpes Kulit, Zoster dan Simplex

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 13 Mei 2020 16:31
Penyebab Herpes Kulit, Zoster dan Simplex
Ternyata iniloh penyebab herpes kulit sesuai jenisnya yang berbeda.

Penyebab herpes bisa dikarenakan banyak hal, sesuai dengan jenisnya yang berbeda. Ada herpes kulit, zoster sampai simplex. Herpes sendiri adalah nama kelompok virus herpesviridae yang menginfeksi manusia.

Penyakit herpes ini ditandai dengan kulit menjadi kering, melepuh, gatal, merah dan berair. Jenis virus herpes yang terkenal adalah herpes simplex. Biasanya dikenal dengan sebutan HSV. Ada pembagian tersendiri dalam virus herpesviridae, yaitu alfa herpesvirus, beta herpesvirus dan gamma herpesvirus.

1 dari 7 halaman

Pengelompokan tersebut berdasarkan siklus hidupnya virus dalam tubuh manusia. Alfa memiliki siklus yang pendek untuk menggandakan diri, contohnya HSV tipe 1 dan 2 juga virus varicella-zoster.

Sedangkan beta memiliki siklus hidup menggandakan diri yang panjang dan berjalan lambat. Kalau gamma herpesvirus contohnya penyakit Epstein-Barr dan Human Herpesvirus B.

2 dari 7 halaman

Penyebab Herpes Kulit

Ilustrasi Herpes © Diadona
Pada dasarnya yang jadi penyebab herpes kulit adalah cairan dalam lentingan yang menempel di kulit orang lain. Namun cara penularannya berbeda-beda.

Ada yang melalui ciuman atau menggunakan barang bergantian seperti HSV-1, atau melalui hubungan seks pada HSV-2. Berikut ini penyebab seseorang tertular herpes sangat cepat.

3 dari 7 halaman

1. Kelelahan, baik fisik maupun emosional.
2. Memiliki sistem imun yang buruk, misalnya penderita AIDS atau orang yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi.
3. Memiliki penyakit lain di tubuh.
4. Memiliki trauma pada bagian kulit tertentu saat beraktivitas seksual, berjemur maupun pengobatan.
5. Menstruasi, hal ini bisa terjadi pada kelamin. Herpes kulit yang terjadi di kemaluan bisa menginfeksi bayi yang dilahirkan lewat persalinan normal. Buat ibu hamil yang pernah terkena herpes, sebaiknya konsultasi dengan dokter ya!

4 dari 7 halaman

Penyebab Herpes Zoster

Ilustrasi Herpes © Diadona
Penyebab herpes zoster biasa dibilang penyakit infeksi kulit lanjutan dari cacar air (chickenpox). Virus penyebab herpes ini meyarang bagian yang sama, hanya saja herpes zoster memiliki gelembung air yang lebih besar dan berkelompok.

Munculnya gelembung yang berkelompok ini hanya pada bagian tertentu di badan misalnya punggung, dahi atau dada. Proses penularan herpes zoster bisa dari batuk, bersin atau pakaian yang terkena gelembung cacar air.

Salah satu cara agar tidak tertular adalah dengan menjaga kebersihan diri dan barang-barang yang digunaka. Selain itu juga sebisa mungkin tidak kontak langsung dengan penderita penyakit herpes.

5 dari 7 halaman

Virus varicella zoster adalah penyebab herpes zoster ini yang juga bisa menyebabkan cacar air. Biasanya herpes zoster disebut dengan cacar api atau cacar ular. Virus kembali aktif dengan faktor sebagai berikut:

1. Pertambahan usia


Biasanya risiko mengalami herpes zoster kepada orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.


2. Imun yang lemah


Selain usia yang bertambah, keadaan imun juga jadi penyebab herpes zoster selanjutnya. Kekebalan tubuh yang lemah, menderita AIDS, pasca operasi, menderita kanker atau mengonsumsi obat kortikosteroid dalam waktu yang lama.

6 dari 7 halaman

Penyebab Herpes Simplex

Penyebab Herpes Simplex © Diadona
Penyebab herpes simplex dibedakan berdasarkan virus pemicunya. Herpes simplex ini menyebabkan ruam dan luka yang melepuh di bagian leher, lengan dan lainnya.

HSV-1


Sebenarnya penyebab herpes adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Herves Simplex Virus 1 ini menyerang mulut atau pinggang ke atas. Bentuknya mirip sariawan di mulut dan ruam lepuh. Tubuh yang lemah pemicunya, jadi jaga kondisi daya tahan tubuh agar selalu prima.

Saat badan kita bugar, virus herpes akan berdiam diri di dalam tubuh. Tapi ketika imun tubuhmu menurun, virus akan bergerak menyebabkan ruam yang merah, gatal dan berair.

7 dari 7 halaman

HSV-2


Kalau penyebab HSV-2 ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Herpes tipe 2 ini menyerang area pinggang ke bawah. Biasanya muncul di vagina, dubur dan selangkangan. Nggak hanya perempuan, laki-laki juga bisa terkena.

Kalau laki-laki biasanya terlihat sedangkan perempuan tidak. Bagi perempuan yang terkenal virus HSV ini akan merasa gatal yang tidak tertahankan pada miss V, keluar cairan dari alat genital yang beda, ada benjolan, luka di sekitar kelamin dan anus serta merasa sakit saat buang air kecil.

Itu tadi gejala penyebab herpes yang berbeda sesuai dengan jenisnya masing-masing. Karena virus ini menyerang manusia yang imunnya lemah, jadi jaga kebersihan dan kesehatan ya guys!

Beri Komentar