Rekor, Internet Tercepat di Dunia Tembus Hingga 44 Terabyte Per Detik! Download GTA 5 Sekali Klik

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 19 Juni 2020 09:20
Rekor, Internet Tercepat di Dunia Tembus Hingga 44 Terabyte Per Detik! Download GTA 5 Sekali Klik
Kecepatan ini mengalahkan kecepatan koneksi rata-rata Korea Selatan yang mencapai 112,77 Megabyte per detik.

Perkembangan kecepatan internet memang selalu mengalami peningkatan. Bahkan baru-baru ini, para tim peneliti dari Australia baru saja memecahkan rekor internet tercepat di dunia menggunakan single optical Chip.

Dilansir dari Science Daily, Universitas Monash, Swinburne dan RMIT telah mengembangkan teknologi untuk memecahkan rekor internet tercepat di dunia.

Nggak nanggung-nanggung, kecepatan yang dicapai hingga 44 terabyte per detik. Dengan kecepatan internet segini, kamu bahkan bisa download gama GTA 5 nggak sampai satu detik. Padahal ukurannya mencapai 90 GB.

1 dari 2 halaman

Internet © Diadona

Ternyata untuk bisa mewujudkannya juga nggak mudah. Para peneliti ini menggunakan chip optical yang terdiri dari ratusan infra red yang digunakan untuk mentransfer data. Teknologi ini dinamakan teknologi micro-comb.

Dengan perangkat kecil dan ringan ini, mereka bisa memecahkan rekor internet tercepat di dunia, yakni 44,23 Tbps. Ini mengalahkan Korea Selatan yang diklaim menjadi negara dengan kecepatan internet terbaik yaitu dengan rata-rata download mencapai 112,77 mbps.

Kabarnya, teknologi ini telah diuji coba untuk infrastruktur komunikasi kota Melbourne Australia. Para peneliti juga telah memasang, 78,6 km jaringan komunikasi dengan micro-comb ini antara kampus Melbourne RMIT dan kampus Clayton Universitas Monash.

Beri Komentar